News

Ini Kelebihan Homeschooling Dibanding Pendidikan Formal

Mengapa orang memilih homeschooling daripada sekolah umum lainnya? Dalam penelitian Luffman, J. (1998) yang berjudul When Parents Replace Teachers: The Home Schooling Option, Canadian, sebagian besar dari 80% orang setuju bahwa homeschooling lebih baik daripada sekolah umum dalam beberapa alasan.

Homeschooling memiliki banyak kelebihan daripada sekolah umum. Dikutip dari laman family education.com, ada banyak keuntungan bagi anak-anak homeschool, manfaat-manfaat ini meliputi:

1. Pendidikan luar biasa

Tujuan utama homeschooling adalah untuk mendidik anak-anak. Bahwa homeschooling adalah cara yang bagus untuk mendidik anak dapat ditunjukkan dalam beberapa cara.

Pertama, mudah dipahami dan dampak positifnya pada anak-anak sudah jelas. Kedua, anak-anak yang belajar di rumah memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes standar.

Sebagai contoh, dalam perbandingan nilai SAT (Standardised Test of Critical Thinking) di Amerika Serikat, anak-anak yang belajar di rumah rata-rata 568 pada tes verbal dan 525 pada matematika; rata-rata nasional adalah 506 pada verbal dan 514 pada matematika.

Sementara perbedaan itu mungkin tidak tampak signifikan untuk individu, karena perbedaan dalam rata-rata untuk populasi siswa, mereka sangat signifikan.

Ketiga, homeschooler menjadi incaran untuk pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Banyak perguruan tinggi dan universitas telah mulai memodifikasi praktik penerimaan mereka untuk tidak hanya memungkinkan, tetapi untuk mendorong, homeschooler untuk mendaftar.

2. Guru yang berdedikasi dengan rasio guru-murid yang hebat

Salah satu faktor yang diketahui sangat penting untuk mendidik anak secara efektif adalah rasio guru-murid-yaitu, jumlah siswa yang menjadi tanggung jawab guru. Faktor-faktor lain termasuk tingkat hubungan hadir antara guru dan siswa dan jumlah pengabdian seorang guru kepada anak tertentu.

Homeschooling unggul di kedua bidang ini. Siapa yang dapat lebih berdedikasi untuk membantu anak belajar dengan sukses daripada orang tua anak itu? Orang tua mencintai anak-anak mereka dan mengabdikan hidup mereka untuk membantu anak-anak mereka berhasil tumbuh hingga dewasa.

Dan, homeschooling dilakukan sebagian besar atas dasar satu-satu; tidak mungkin ada rasio guru-murid yang lebih baik dari itu. Dalam dua bidang ini, yang keduanya penting untuk pendidikan anak, homeschooling hanyalah skenario terbaik.

3. Pendidikan disesuaikan dengan kemampuan dan kepribadian anak

Karena homeschool difokuskan pada anak-anak sebagai individu, pendidikan anak dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kepribadiannya. Jika seorang anak unggul dalam bidang tertentu, pendidikannya di bidang itu dapat dipercepat.

Jika seorang anak berjuang di area tertentu, sumber daya tambahan dapat dibawa untuk membantu. Juga, cara anak-anak diajarkan dapat didasarkan pada bagaimana anak terbaik belajar karena kepribadian anak.

Misalnya, jika seorang anak adalah pembelajar visual, lebih banyak elemen visual dapat dimasukkan ke dalam instruksi anak tersebut. Homeschool memberikan kesempatan agar pendidikan anak dirancang hanya untuk anak itu.

4. Pendidikan yang terintegrasi dan konsisten

Karena pendidikan anak yang homeschooling dikelola oleh orang yang sama dalam periode waktu yang lama, pendidikan itu dapat konsisten dengan rencana jangka panjang.

Dimana setiap topik diajarkan dan pengalaman memperoleh manfaat secara mulus dengan yang telah ada sebelumnya. Karena orang tua terlibat erat dengan siswa, orang tua sangat memahami pengalaman dan latar belakang anak dan menggunakan pengetahuan itu untuk merancang kegiatan pendidikan di masa depan.

5. Bahan ajar yang lebih baik

Anak-anak homeschool memiliki akses ke bahan pengajaran terbaik yang tersedia. Dan, bahan ajar dapat dipilih berdasarkan kebutuhan dan kemampuan individu anak. (int)