News

Ini Kegiatan-kegiatan di Acara TMMD Kodam I BB…

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 untuk wilayah Kodam I/Bukit Barisan, akan diadakan di Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim 0212/TS, Letkol Inf Akbar NY SIP, Selasa (2/7/2019) dalam Coffee Morning bersama sejumlah wartawan di Aula Daulay-Simorangkir, Markas Kodim 0212/TS, Kota Padangsidimpuan.

Pelaksanaan TMMD Tahun 2019 ini, TNI AD mengadakannya tiga kali dalam setahun. TMMD yang ke 104 telah diadakan awal tahun di wilayah Kodim Nias. Dan pada TMMD ke-105 ini, akan diadakan di wilayah Kodim 0212/TS 0212, yakni Desa Hutaraja Lamo dan Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas.

Ada dua jenis kegiatan, yakni fisik dan non fisik. Untuk fisik, TNI AD akan melakukan pelebaran jalan yang menghubungkan dua desa tersebut, Hutaraja Lamo dan Mondang. Kemuduian ada pembuatan jembatan beton di dua titik, gorong-gorong sebanyak lima titik.

“Pembangunan ini sesuai dengan RAB yang ditetapkan, pengecoran rabat beton. TMMD akan berlangsung selama 30 hari. Serentak se-Indonesia. Dibuka nanti pada 10 Juli ini, dan upacara pembukaan TMMD di Desa Hutaraja Lamo, di SD di situ. Berakhir nanti pada 8 Agustus. Pangdam Insya Allah akan hadir,” kata Letkol Inf Akbar
Kegiatan non fisik, jelas Akbar, akan ada sebanyak 15 kegiatan sosialiasasi dan praktik langsung di lapangan seperti wawasan kebangsaan, bela negara, kesehatan dan pertanian serta mitigasi bencana.

“Di Kodam/I ini, ada enam Kodim yang melaksanakan TMMD, 50 Satgas Kodim serentak se Indonesia,” terangnya.
Mengatasi Keresahan, Kodim Beri Mitigasi Bencana Konflik Harimau dan Manusia.

Yang menarik pada salahsatu kegiatan sosialisasi dalam TMMD ini, Kodim 0212 akan memberikan mitigasi bencana. Namun bencana yang berhubungan dengan konfilk antara hewan dengan manusia. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Padanglawas, serangan hewan buas jenis Harimau terhadap manusia yang telah menelan korban jiwa.

“Saya melaporkan kepada Panglima, khusus kegiatan non fisik mitigasi bencana. Bukan mitigasi bencana alam yang seperti biasa. Yang saya sampaikan bukan mitigasi bencana alam. Tapi bencana daerah yang terjadi di Kabupaten Palas, saya sampaikan bencana konflik binatang buas dengan manusia,” terang Dandim 0212/TS, Letkol Inf Akbar NY SIP dalam Coffee Morning bersama wartawan, Selasa (2/7/2019) di Aula Daulay-Simorangkir, Markas Kodim 0212/TS Kota Padangsidimpuan.

Menurut laporan, Dandim menerangkan ada tujuh daerah terdampak konflik ini dan menjadi bencana, sebab warga di tujuh daerah ini khawatir dan membuat mereka tidak berani melakukan aktifitas ke ladangnya masing-masing.

“Dampak traumis. Sampai sekarang ini saya dengar, masyarakat belum bisa secara psikis kembali bekerja ke ladang. Karena serangan harimau ini sudah ada satu korban jiwa, dan satu sempat kritis,”
Dalam mitigasi ini, nantinya juga akan melibatkan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)dalam memberikan penerangan menghadapi peristiwa yang dikategorikan bencana yang berskala daerah ini.

Sementara ini, menurut Dandim, fakta-fakta di lapangan secara jejak, harimau yang telah menyerang warga itu sudah menuju kembali ke dalam hutan.

“Hari ini saya laporkan ke panglima, salahsatu kegiatan non fisik berupa penyuluhan masyarakat dalam kegiatan TMMD, tentang bagaimana kita menjaga hutan termasuk sumber daya alamnya. Tenaga ahli dari BKSDA, nanti akan memberikan pengetahuan-pengetahuan bersahabat dengan alam. Tanpa harus membahayakan penghuni alam lainnya, termasuk binatang buas,” pungkasnya seputaran mitigasi bencana yang dimaksud.

Ada Lomba Karya Tulis untuk Jurnalis di TMMD

TNI AD juga memberikan kesempatan bagi para jurnalis di daerah untuk ikut serta dalam memperlombakan karya tulisnya, sehubungan dengan TMMD. Dandim 0212/TS pun berharap akan ada jurnalis yang mewakili Kodim 0212/TS sebagai nominasi pemenang.

“Tulisan para rekan rekan ini akan kita kirim ke Angkatan Darat, ke Dispenad, nanti Dispenad yang menilai. Dan yang memenangkan akan menerima undangan untuk ke Jakarta. Di TMMD 104 kemarin, ada satu juara dari sini (Kodam I/BB). Di Kodim Batam, undangan ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Kasad dan dari Menteri Sosial,” katanya.

Selain itu dalam jalinan komunikasi dengan wartawan, Dandim juga berharap akan segera ada perwira penerangan di Kodim 0212/TS. Dengan begitu katanya, akan semakin mudah menjaring komunikasi dengan wartawan.

Ketua PWI Tabagsel, Khairul Iman Hasibuan menanggapi. Menurutnya, acara keakraban dan hubungan komunikasi yang baik, sangat penting bagi wartawan. Sebab katanya, wartawan itu sangat terbuka dan membutuhkan mitra.

“Perlombaan ini, bagian tantangan kawan kawan jurnalis untuk mengimplementasikan kemampuan dalam karya tulis jurnalistiknya,” katanya

Namun begitu, ujar Iman, wartawan juga sangat membutuhkan data dan bahan untuk dituangkan dalam bentuk karya tulis. Maka, harapannya, Kodim 0212/TS bisa berbagi data dan bahan tulisan untuk wartawan.

“Akan kesulitan dalam menuangkan berebagai tulisan, bila tidak ada bahan dan data. Jika itu membantu, akan memudahkan untuk menulis, baik secara straight news, feature,” ungkapnya, yang kemudian disambung Dandim 0212/TS dengan memastikan akan terbuka secara data dalam TMMD ini, dengan alur Pasi Teritorial. (san)