News

Ini 6 Program Unggul RHS-ZW

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi (RHS – ZW) memiliki enam program unggul, untuk mewujudkan rakyat sejahtera. Radiapoh meyakini, program yang mereka susun akan mampu melakukan pembaharuan Simalungun, untuk cita-cita utama, rakyat harus sejahtera.

“Rakyat harus sejahtera! Itulah kunci dari kemajuan pembangunan Simalungun di segala sektor. Guna mewujudkan visi itu, program unggulan telah dirancang, dengan pondasi sejahtera,” beber RHS, beberapa waktu lalu.
Secara ringkas, RHS menyampaikan, program yang sudah dirancang tersebut ada 6 item. Diantaranya, program Si Baja, Si Kerja, Si Tani, Si Bersi, Si Cerdas dan Si Sehat.

1.Si Baja
Si Baja adalah Simalungun Membangun Jalan. Untuk mewujudkan infrastruktur jalan yang baik, pada prgram Si Baja akan ditemukan konsep untuk menyatukan tekad. Dalam hal ini disebut dengan istilah satu tekad membangun jalan (STMJ).

Tekad membangun jalan, karena RHS – ZW menyadari, jalan merupakan pilar utama untuk membangun (menggerakkan) perekonomian dan kebudayaan masyarakat.

Sebab, tanpa akses jalan yang baik, maka perekonomian Simalungun akan sulit berkembang. Sebab, buruknya fasilitas transportasi, akan membuat investasi menjadi macet, yang dampaknya dapat menambah jumlah pengangguran. Hingga kemudian, rakyatpun menderita, bila banyak jalan yang rusak.

Memperhatikan kondisi jalan di Simalungun sejauh ini, RHS merasa miris. Karena masih banyak jalan yang rusak, dan membutuhkan perbaikan segera.

2.Si Kerja
Kemudian, RHS juga menyadari pentingnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Simalungun. Untuk itulah dibuat program Si Kerja (Simalungun Kerja). Salah satu barometer pertumbuhan perekonomian yang menghadirkan kesejahteraan adalah berkurangnya angka pengangguran, dan tersedianya lapangan kerja yang cukup bagi semua orang. Tingginya angka pengangguran terpelajar merupakan salah satu masalah laten di Simalungun. Karena itulah RHS-ZW berkomitmen untuk mengatasi pengangguran.

3.Si Tani
Bertani, merupakan mata pencarian mayoritas warga Kabupaten Simalungun, RHS – ZW memiliki konsep Si Tani (Simalungun Tani), guna mewujudkan industri pertanian yang handal.

4.Si Bersih
Guna mewujudkan pemerintahan bersih dan terbebas dari korupai, kolusi dan nepotisme (KKN), dan demi rakyat sejahtera, RHS – ZW menjadi program Si Bersih (Simalungun Berantas Korupsi) menjadi salah satu keutamaan.
Bagi RHS, korupsi dan pungli (pungutan liar) merupakan kejahatan luar biasa. Sebab korupsi dan punglilah yang selama ini menggerogoti sendi-sendi kesejahteraan hidup masyarakat dan merusak pembangunan.

Bahkan bukan hanya itu, lanjutnya, praktik korupsi juga menjadi penyebab utama membuat rakyat hidup miskin, pembangunan terlantar, dan tingkat pelayanan rendah. Sehingga korupsi dan pungli harus diberantas.

Praktik korupsi itu terjadi, salah satunya karena faktor mentalitas dan tata kelola birokrasi yang buruk dan tidak amanah. Untuk itu, perbaikan mental dan kesejahteraan birokrat menjadi bagian yang layak untuk dilakukan pemimpin daerah.

5.Si Cerdas
Untuk melakukan pembahuruan, RHS menaruh harapan terhadap kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal itu akan diwujudkan RHS – ZW dengan program Si Cerdas (Simalungun Cerdas).

Didalam pemikiran RHS – ZW, pendidikan adalah kunci peningkatan SDM dalam membangun kesejahteraan keluarga dan daerah. Untuk itu, dunia pendidikan harus didukung.

Dengan demikian, dukungan terhadap sarana dan prasarana, insentif bagi yang berprestasi dan peralatan bidang pendidikan akan menjadi komitmen RHS – ZW untuk menggapai rakyat sejahtera.

6.Si Sehat
Kesehatan adalah salah satu modal utama mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Jika rakyat sehat sentosa, maka pembangunan akan lancar terlaksana, perekonomian tumbuh berkembang, dan kesejahteraan masyarakat tercipta. (esa/fabe)

USI