News

Ingat! Jaga Pola Hidup Sehat Upaya Pecegahan Covid-19

FaseBerita.ID – Departemen Kesehatan RI mengimbau kepada seluruh Dinas Kesehatan termasuk Siantar-Simalungun agar melakukan pemantauan terhadap pegawai maupun pejabat serta masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar negeri maupun daerah. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan/penyebaran virus corona (Covid-19) agar tidak meluas.

Hal itu dibenarkan Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Siantar Ronald Saragih. Dia mengatakan, seluruh masyarakat yang baru melakukan perjalanan dinas ke luar daerah agar segera ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

“Kitakan tidak bisa mengawal atau memantau semuanya. Jadi kita meminta kesadaran masyarakat agar peduli dengan memeriksakan diri khususnya mereka yang baru saja melakukan perjalanan dinas. Segera periksakan diri ke puskesmas terdekat,” imbaunya.

Sebelumnya sebanyak 27 Anggota DPRD Siantar melakukan perjalanan Dinas ke Bali. Namun hingga Minggu (15/3) anggota Dewan tersebut belum ada yang memeriksakan diri.

“Anggota DPRD itu kan masyarakat juga. Kalau sesuai dengan surat edaran dari Kementerian, seharusnya mereka diperiksa,” katanya sembari menyarankan kepada masyarakat agar melakukan hidup pola sehat untuk mencegah virus corona.

“Hal penting dilakukan, yakni menjaga pola hidup sehat dan bersih. Antisipasinya adalah hidup bersih. Rajin cuci tangan dan sebagainya,” ujarnya.

Terpisah, salah satu Anggota DPRD Siantar, Boy Iskandar yang ikut melakukan kunjungan kerja membenarkan mereka habis melakukan perjalanan dinas ke Bali.

“Kami memang baru melakukan perjalanan dinas. Kami juga tidak ada diperiksa sama Dinkes. Tetapi kami tidak kenapa-kenapa kok. Yang penting itu kan pola hidup sehat. Itu intinya. Kalau kita melakukan pola hidup sehat, yakinlah, kita tidak akan kena,” ujarnya singkat dan juga mengajak masyarakat agar melakukan pola hidup sehat.

Makin Mewabah

Terpisah, Virus Corona semakin mewabah di Indonesia. Untuk itu dalam rangka upaya pencegahan penularan covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan surat edaran No PK.02.01/B.VI/839/2020 pada tanggal 5 Maret 2020 tentang imbauan Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 yang mana surat edaran tersebut menyampaikan beberapa poin.

Salahsatunya dengan memerintahkan Dinas Kesehatan setiap daerah agar melakukan pemantauan bagi pegawai maupun pejabat serta masyarakat yang melakukan perjalanan keluar negeri maupun keluar daerah terutama kedaerah yang telah terdapat kasus covid-19 secara mandiri selama 14 hari. (Mag-04/mis/smg)