News

Infrastruktur Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Tahun Depan

JAKARTA, FaseBerita.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan, pemerintah sudah menghitung dengan cermat ketika memutuskan suatu wilayah menjadi ibu kota baru. Contohnya, pemerintah memastikan lahan yang digunakan merupakan milik negara.

“Kan sudah dijelaskan kemarin, tahapan-tahapan oleh Bappenas, oleh Kementerian PU, oleh Kementerian ATR. Satu, menggunakan tanah negara, itu sudah,” ucap Tjahjo ditemui di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Kemudian, kata dia, pemerintah pusat harus memastikan pemerintah provinsi tidak keberatan daerahnya digunakan sebagai ibu kota baru. Wacana pemindahan ibu kota saat ini, telah disetujui gubernur Kalimantan Timur.

“Gubernur Kalimantan Timur juga sudah menyatakan, seluruh masyarakat adat, hingga pemerintahan daerah siap untuk mendukung,” kata

Setelah perhitungan itu dilakukan, langkah selanjutnya yakni pembangunan di daerah yang menjadi ibu kota baru. Menurut Tjahjo, lokasi yang ditunjuk sebagai ibu kota baru, masih berbentuk hutan.

“Kemudian mulai tahun depan, mulai ada tahapan-tahapan pembangunan, infrastrukturnya dulu. Ini kan hutan,” ucap dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo alias Jokowi akhirnya membuat keputusan besar untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). Menurutnya, keputusan itu didasari kajian mendalam yang dilakukan pemerintah selama tiga tahun terakhir. (int)