News

Indeks Pembangunan Desa di Asahan Naik

KISARAN, FaseBerita.ID – Indeks Pembangunan Desa (IPD) Kabupaten Asahan menunjukkan tingkat perkembangan, dimana saat ini sebanyak 166 desa masuk dalam kategori berkembang.

Sedangkan sebelumnya, 162 desa dan desa mandiri menjadi 10 desa dimana sebelumnya hanya 8 desa.

Sementara, Asahan masuk dalam status tertinggal, berkembang dan mandiri pada 2018  jika dibandingkan catatan pada periode statustik empat tahun lalu.

Hasil pengkategorian IPD, tercatat, desa tertinggal hanya tinggal 1 desa, yaitu Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Pada 2014, kategori desa tertinggal sebanyak 7 desa.

Hal itu dikemukakan oleh Minda Flora Ginting selaku kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kepada Pemkab Asahan di hadapan Plt Bupati H Surya B Sc, saat memaparkan hasil pencatatan dari BPS di kantor Bupati, Kamis (20/6/2019).

“IPD di Asahan menunjukkan tingkat perkembangan pada 2018, jika dibandingkan dengan 2014,” kata Minda.

Selain IPD, Minda mengatakan, bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan perkembangan.

Pada tahun 2018, IPM mencapai 69.49 Persen, atau tumbuh sebesar 0.56 persen jika dibandingkan tahun 2017.

“Sedangkan keadaan ketenagakerjaan, jumlah angkatan kerja naik 21.376 orang, menjadi 336.894 pada Aguatus 2018, jika dibandingkan dari 2017. Pada 2017, jumlah angkatan kerja sebanyak 315.518 orang,” sebutnya.

Dengan terbitnya data tersebut, harap Minda, dapat menjadi acuan Pemkab Asahan, guna meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Surya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala BPS Kabupaten Asahan dan rombongan. Selain itu, Surya juga menegaskan, bahwa data yang diterima akan dijadikan bahan evaluasi bagi Pemkab Asahan.

“Dan untuk data yang telah kami terima ini, akan menjadi evaluasi buat kami Pemkab Asahan”, ujar Surya.

Dikatakannya, data ini sangat penting bagi pemetaan terkait gambaran di Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mensinergiskan serta mengoptimalkan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan yang religius sehat cerdas dan mandiri. (per/ahu)