News

IKA USU Siapkan 10.000 Vaksin untuk Warga Simalungun di Parapat

PARAPAT, FaseBerita.ID – Ikatan Alumni USU bersama Pemkab Simalungun mengadakan Vaksinasi massal di Open Stage Parapat, Senin (4/10/2021). Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan untuk mempercepat pencapaian vaksinasi, terutama di daerah pariwisata Danau Toba.

Wakil Bupati Simalungun, Zony Waldi SSos dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Simalungun terdapat 32 kecamatan dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa.Target vaksinasi di Kabupaten sebanyak 788.362 orang dan hingga Senin tanggal 4 Okotber, yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis pertama 48,45% dan vaksinasi dosis dua 13,73%.

Zonni juga menyampaikan bahwa Covid-19 ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan tapi juga berdampak pada perekonomian, budaya, tatakrama dalam kegiatan sosial.
“Luas sekali dampak dari wabah Covid ini,”katanya.

“Untuk itu vaksinasi ini kami berharap daerah tujuan wisata menjadi perhatian khusus, apalagi Kecamatan Girsang Sipangan Kota Parapat menjadi kawasan destinasi strategis pariwisata nasional. Ada sekitar 14 ribu jiwa masyarakat di kecamatan ini dan yang sudah divaksin ada sekitar 7 ribu orang,”kata mantan Kadis di Pemprovsu ini.

Apresiasi disampaikan Wakil Bupati kepada IKA USU yang menginisiasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Simalungun. “Kami sampaikan apresiasi kepada IKA USU yang menginisiasi 10000 vaskisnasi, jika ini selesai dilaksanakan, berarti di Parapat hanya sekitar 5000 orang masyarakat yang belum di vaksin,”katanya.

Kepada Kadis Kesehatan, Wakil Bupati berharap untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi lanjutan di Kota Kecamatan Girsang Sipangan Bolon pada bulan Oktober ini juga kepada masyarakat. Sehingga diharapkan dalam bulan ini juga masyarakat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon tervaksin 100 persen, sehingga wisatawan yang datang di Parapat ini tidak khawatir lagi.

“Kepada masyarakat mari kita dukung kegiatan ini, mari kita bersinergi dengan baik sehingga bulan Oktober ini sasaran 14 ribu bisa terlaksana dengan baik,”ajak Zonni.
Kepada masyarakat, Zonni juga meminta meskipun sudah divaksin tetap laksanakan protokol kesehatan dengan melaksanakan 5 M.

“Masyarakat jangan takut di vaksin dan jika sudah divaksin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 5 M,”

Hadir Anggota DPRD Sumut Hj Hidayah Herlina Gusti, Ketua komisi 2 DPRD Simalungun, Maraden Sinaga, mewakili Kapolres Simalungun Kompol Efianto SH MH (Wakapolres Simalungun), Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim MenKominfo Septriana Tangkary, Direktorat Survailance dan Karantina Kesehatan Kemenkes dr Prima Yosepin Hutapea.

Hadir juga Staf Ahli Bupati Pemerintahan dan Kesra Akmal A Siregar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Albert R Saragih, Plt Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih, Plt Kasapol PP Adnadi Girsang, Plt BPBD Bob Presly Saragih, Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon, Divisi BODT Siswanto Sinaga.(as/fabe)