News

Idul Adha 1442 H Tanpa Pawai Takbiran dan Sholat Berjamaah di Lapangan

SIANTAR, FaseBerita.ID –Kepala Kantor Kemenag Pematangsiantar Drs H Mhd Hasbi MH dalam rapat membahas pelaksanaan Idul Adha 1442 H di Pematangsiantar, Selasa (13/7/2021) menyampaikan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15 tahun 2021 tentang pelaksanaan Sholat Idul Adha dan pelaksanaan qurban 1442 H, dilaksanakan dengan protokol yang ketat.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, pelaksaan pawai takbiran ditiadakan, takbiran hanya boleh diadakan di rumah ibadah. Sholat Idul Adha di lapangan ditiadakan. Sementara di masjid / musolla boleh dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menyediakan tempat cuci tangan dan memakai masker.

Dalam rapat yang dipimpin Walikota Siantar Hefriansyah di ruang data pemerintah kota Pematangsiantar ini Hefriansyah dalam sambutannya berharap Kota Pematangsiantar tetap aman dan nyaman. Warga tetap diimbau untuk bersama – sama menerapkan protokol kesehatan.

Disampaikan Walikota, pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat kota Pematangsiantar sudah mencapai 40.000 orang.

Sementara Dandim 02/07 Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka juga menyampaikan bahwa  TNI mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah Kota Pematangsiantar dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah republik Indonesia terkait pelaksanaan Sholat Idul adha dan proses penyembelihan hewan qurban.

Roly Souhoka mengharapkan seluruh  elemen untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus covid-19 di kota Pematangsiantar.

Kasat Shabara AKP Muri Yasnal SH menyampaikan setiap jamaah agar membawa perlengkapan sholat masing – masing dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami berharap agar pembagian daging qurban agar diantarkan langsung kepada masyarakat yang berhak,” kata Muri Yasnal.

Ditambahkan, Muri, untuk masyarakat Kota Pematangsiantar yang usia lanjut disarankan beribadah di rumah dan pada saat peyembelian qurban dan pembagian daging kurban hindarilah kerumunan dan selalu melakukan protokol kesehatan

“Kami menghimbau karena Medan sedang melakukan PPKM darurat, masyarakat Kota Pematangsiantar jangan dulu berpergian ke Medan, untuk menghindari penularan virus Covid-19,”katanya.

Anggota DPRD Kota Pematangsiantar Arif Dermawan Hutabarat SPd juga menyampaikan bahwa DPRD kota Pematangsiantar mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah kota Pematangsiantar dalam pelaksaan Sholat Idul Adha dan proses penyembelihan hewan qurban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(rel/fabe)