News

HUT Pemadam Kebakaran Ke 100: Beri Akses Bila Terjadi Kebakaran

SIANTAR, FaseBerita.ID – Peringatan Dirgahayu Pemadam Kebakaran Ke 100 dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke 69 serta Satuan Perlindungan Masyarakat Ke 57, digelar secara bersamaan di Lapangan H Adam Malik, Senin (8/4).

Pada acara ini, satuan ini memperagakan aksinya dalam menangani sebuah masalah yang dihadapi di lingkungan. Salah satu contohnya adalah peristiwa kebakaran. Petugas pemadam kebakaran tampak memperagakan aksinya tentang cara memadamkan api dengan cepat hingga api benar-benar padam.

Saat diwawancarai, Kabid Pemadam Kebakaran Josua Haloho mengatakan, sebelum dilakukan peragaan, terlebih dulu digelar upacara.

“Kita dari Pemadam Kebakaran selalu siap siaga untuk menangani bila ada bencana kebakaran di wilayah kita ini. Kita siap siaga 24 jam dengan 5 unit mobil Pemadam Kebakaran,” kata Josua Haloho.

Akan tetapi, pada setiap melaksanakan tugas pemadam kebakaran terkadang ada kendala. Salah satunya masyarakat yang langsung mengeremuni lokasi kebakaran dan meninggalkan kendaraannya di sembarang tempat. Alhasil mobil pemadam pun sulit masuk ke lokasi. Jika ini terjadi, maka penanganan pemadam akan menjadi lama.

“Jadi harapan kami bagi seluruh masyarakat, bila ada kejadian seperti itu, tolong jangan ditutupi jalannya agar kita bisa leluasa dan bisa menyelesaikannya secepat mungkin,” katanya.

Kepada masyarakat juga diimbau untuk tidak sembarangan memasang sambungan listrik. Sebab umumnya, kebakaran terjadi akibat adanya hubungan arus pendek atau korslet kabel listrik. (mag03/pra)

USI