News

HUT ke-28 Darul Mursyid

‘Opung’s Happiness is Everything For PDM’

TAPSEL,FaseBerita.ID– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28, Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ (PDM), memilih tema ‘Opung’s Happiness Is Everything For PDM’. Dimana, opung merupakan, sebutan   kasih  sayang  dari seluruh  keluarga   besar   Darul  Mursyid kepada Ketua   Badan   Pendiri  Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir),  yakni almarhum H Ihutan Ritonga dan Hj Riana Siregar.

Pada acara   HUT   PDM   ke-28 yang digelar di lapangan Basket  15   Maret   2021   lalu   di   Lapangan  Basket   PDM, dihadiri, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, KPw BI Sibolga Aswin Kosotali,  Polres Tapanuli Selatan  Abdi Abdullah, Detasemen C Satuan Brimob Poldasu M Panggabean,  BRI Padang Sidimpuan Wisnoto,  Penerbit   Grafindo   Padang   Sidimpuan  Agussalim   Siregar,   Dewan   Masjid  Indonesia   (DMI) Irhamuddin Siregar, PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) di wakili Nurul Ain Nita, Koramil SDH A Danil, Anggota DPRD Tapsel   Muhammad Rawi Ritonga, Ketua Dewan Dakwah Indonesia (DDI) dan Ketua Ikatan Alumni Darul Mursyid (IKADM) Indonesia Akpol Yasir Ahmadi.

Yusri Lubis selaku Direktur PDM melalui Asep Safa’at Siregar selaku Kepala Divisi Humas dan Pemberdayaan Umat PDM mengatakan, berdasarkan   tema   acara  HUT   PDM   ke  28 yakni  Opung’s   Happiness   is Everything For PDM, diartikan kebahagian opung segalanya untuk  warga PDM.

Sehingga, pada  peringatan HUT PDM ini, lebih condong menyampaikan  segala prestasi yang diraih PDM sebagai bentuk persembahan kepada opung, yang telah bersusah payah mendirikan dan membangun PDM, hingga menjadi sebesar saat ini.  Dan namanya dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Tentunya,  karena torehan  prestasi sains,  mulai dari skala Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

“Dan opung  juga menjadi motivator, bagi seluruh warga PDM,” terang Asep.

Dijelaskan, rangkaian acara tersebut merupakan acara inti. Dimana, pada acara puncak HUT PDM ke 28   ini   terdiri   dari   beberapa   sub   item. Yakni, penyerahan   bucket   bunga   sebagai  kado  dari santriwati kepada opung diiringi  lagu jamrud  yang juga dimainkan  oleh band  santri putri PDM.  Seterusnya, menyayikan lagu hall  of Fame oleh  santri  putra juga  penyerahan bucket  bunga    kepada opung. Juga, penyerahan kado ulang tahun PDM dari  jajaran Guru, Karyawan PDM dan dari Ikatan   Keluarga Alumni Darul Mursyid dan kado spesial   berupa Piala dan Medali Penghargaan dari Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains (PKS) PDM. Dimana, pada moment ini juga disampaikan bahwa Pesanten Darul Mursyid mampu untuk tetap konsisten, bahkan untuk  memperoleh prestasi di berbagai event olimpiade sains.

Jafar   Syahbudin   Ritonga   DBA  sebagai Ketua   Yayasan  Pendidikan   Haji   Ihutan  Ritonga (Yaspenhir) yang mengelola PDM pada kesempatan itu menjelaskan, tentang sejarah singkat perkembangan PDM.

“Semenjak berdirinya PDM ini, sudah mengalami beberapa fase yakni,  pertama disebut masa Inisiasi 1993-1998, masa kedua disebut masa Pancaroba 1998-2002, masa ketiga sebagai masa Transisi 2002- 2007, dan masa ke-empat disebut sebagai New Face Darul Mursyid tahun 2010-2018. Sekarang (2021) masuk ke fase kelima. Setelah pencapain Visi dan Misi dari masa ke masa, kini   PDM ingin melangkah lebih maju lagi, sehingga bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, tapi sebagai lembaga pemberdayaan umat. Penentuan visi-misi pesantren kami buat lebih rinci, lebih jelas, terarah dan terukur, yang dimana misinya  menjadi Pelopor Kejayaan Peradaban Islam di Sumatera Tenggara pada Akhir 2023. Sementara visinya menjadi Center of Islamic Excellence (Pusat Kejayaan Peradaban Islam) di wilayah Tabagsel Raya atau SumateraTenggara tahun 2023,” ungkapnya menjelaskan. (ran/fabe)

USI