News

Hujan Deras, Jalan Desa Sipakpahi Longsor Hubungan Antar Desa Lumpuh

FaseBerita.ID – Akibat hujan deras yang turun di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah belakangan, mengakibatkan Jalan Desa Sipakpahi di Kecamatan Pasaribu Tobing, Tapanuli Tengah (Tapteng), longsor setelah diterjang banjir. Bahkan kini arus lalu lintas dari dan menuju desa lain di wilayah itu lumpuh total.

“Jalan Desa Sipakpahi merupakan satu-satunya akses menuju Desa Baringin dan Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong atau sebaliknya. Tapi kini jalan itu longsor karena diterjang banjir bandang kemarin malam. Sehingga arus lalulintas di wilayah itu menjadi lumpuh total,” sebut Camat Pasaribu Tobing, Hermand Pasaribu, Senin (11/1).

Jalan yang persis berada di pinggir sungai itu longsor sepanjang kurang lebih 150 meter dan kini lebar badan jalan hanya tersisa setengah meter. Sehingga aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Demikian juga pendistribusian hasil komoditi pertanian warga desa Baringin dan Huta Tombak, seperti getah karet dan sawit, yang biasa diangkut kendaraan roda empat kini hanya bisa diangkut kendaraan roda dua.

“Akibat longsor, pendistribusian hasil komoditi pertanian masyarakat menjadi terganggu,” ujar Hermand.

Menurutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng sudah turun ke lokasi untuk melihat kondisi jalan longsor itu.

“Mudah-mudahan secepatnya dilakukan tanggap darurat agar pendistribusian hasil komoditi pertanian masyarakat tidak lama terganggu,” tegas dia. (mis/fabe)

USI