News

Heri Yon Marbun Terpilih Jadi Ketua KONI Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Heri Yon Marbun terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sibolga periode 2019-2023, pada musyawarah olahraga kota (Musorkot) KONI, di Hotel Wisata Indah Sibolga, Kamis (20/6/2019).

Awalnya, pelaksanaan Musorkot KONI berlangsung alot dan penuh interupsi dari peserta. Seiring berjalannya musyawarah, akhirnya Heri Yon Marbun terpilih secara aklamasi, setelah rivalnya Efendi Manalu yang diusung 3 Pengcab olahraga Walk Out dari persidangan.

Usai pemilihan, Heri Yon Marbun mengungkapkan, terpilih menjelang gelaran Pekan Olaharaga Provinsi Sumatra Utara (Porprovsu) pada 22 Juni 2019, menjadi tugas awal yang berat untuk membuat harum nama Kota Sibolga di tingkat provinsi.

“Pada 2014 lalu, Sibolga berada di urutan 15, semoga bisa naik ke urutan yang lebih tinggi di 2019. Ini tugas awal saya, meski belum dilantik sebagai ketua yang sah, atlet-atlet yang akan bertanding di Porprovsu telah menjadi tanggungjawab saya untuk menaikkan peringkat Kota Sibolga,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama 15 bulan, KONI Sibolga vakum tanpa ada kegiatan pembinaan prestasi yang dilakukan, seharusnya 15 bulan tersebut sudah bisa melahirkan atlet-atlet yang berprestasi.

Kepercayaan yang diberikan kepada dirinya sebagai ketua KONI Sibolga, merupakan beban moral yang sangat besar untuk mengembalikan kejayaan olahraga di Negeri Berbilang Kaum ini.

Selama ini, sambungnya, semangat untuk membangkitkan olahraga sangat tinggi, namun karena kepengurusan KONI yang vakum, Pengcab olahraga seperti kehilangan wadah untuk pengembangan prestasi para atlet.

“Maju mundurnya organisasi itu tergantung kita, jika komitmen untuk membangkitkan sudah tertanam, ditambah dukungan dari semua Pengcab, maka saya yakin, KONI Sibolga bisa kembali berjaya,” tutur Heri.

Dia menambahkan, KONI Sibolga tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dan peran pemerintah daerah dalam pengembangan prestasi atlet.

“Jujur saja, KONI akan berjalan jika kita tetap ‘seirama’ dengan pemerintah daerah dan DPRD-nya. Jika tidak, maka akan mati suri. Tentunya, kita berharap pemerintah daerah memberikan dukungan penuh kepada KONI Sibolga,” imbuhnya.

Sebelumnya, Musorkot KONI Sibolga dibuka Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, dihadiri perwakilan KONI Sumut Muhammad Syahrir, Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Sumut Sakiruddin yang juga caretaker KONI Sibolga dan seluruh Pengcab olaharaga sebagai peserta. (rb)

USI