News

Hasim: Silaturahmi Salah Satu Wujudkan Ukhuwah Islamiyah

FaseBerita.ID – “Seorang pemenang adalah pemimpi yang tidak pernah menyerah untuk melakukan kebaikan dan silaturahmi dengan sanak saudara”.

Hal inilah yang ditunjukkan calon Bupati Simalungun H Muhajidin Nur Hasim yang selalu aktif bersilaturahmi dengan masyarakat dan keluarga. Bagi pria yang akrab disapa Bang Hasim itu, silaturahmi termasuk salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan.

“Apalagi menjalin silaturahmi adalah salah satu cara mewujudkan Ukhuwah Islamiyah,” kata lelaki berusia 36 tahun itu.

Dikatakan Hasim, di dalam bermasyarakat, Islam mengajarkan untuk memelihara silaturahmi, terutama dengan saudara.

Hasim pun mengutip Hadist Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Abu Ayyûb al-Anshârî, yang menjelaskan, “Bahwasanya ada seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang sesuatu yang bisa memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka”. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh dia telah diberi taufik,” atau “Sungguh telah diberi hidayah, apa tadi yang engkau katakan?” Lalu orang itupun mengulangi perkataannya. Setelah itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, menegakkan shalat, membayar zakat, dan engkau menyambung silaturahmi”. Setelah orang itu pergi, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika dia melaksanakan apa yang aku perintahkan tadi, pastilah dia masuk surga”.

Jadi, sambung Hasim, jangan pernah memutus silaturahmi, apalagi dengan keluarga. (rel/fi)

USI