News

Hasim Siap Perkenalkan Jeruk Simalungun hingga ke Luar Negeri

FaseBerita.ID – Salah satu hasil pertanian unggulan di Kabupaten Simalungun adalah jeruk. Dengan ukuran besar dan rasa yang manis, namun belum menemukan pasar yang tepat.

Hal tersebut menjadi perhatian calon Bupati Simalungun nomor urut 2 H Muhajidin Nur Hasim. Pria yang sering disap Bang Hasim itu siap memperkenalkan jeruk Simalungun ke luar daerah, bahkan hingga luar negeri.

Pernyataan pria berusia 36 tahun itu menyikapi keluhan petani jeruk di Saribudolok, Julkifli Harahap, ketika Hasim mengunjungi kebun jeruknya, Jumat (6/11/2020).

“Inilah Bang Hasim, di Saribudolok ini sebagian besar masyarakatnya bertani jeruk. Tapi terkadang sangat sulit dijual,” ujar Julkifli.

Julkifli berharap jika nantinya Hasim yang berpasangan dengan Tumpak Siregar SH (TPS) terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun agar memperhatikan sektor pertanian, khususnya di Simalungun atas.

“Kita berharap kepada Bang Hasim agar adanya bantuan kepada para petani dan mencarikan pasar penjualan dengan harga sesuai agar para petani tidak merugi,” pintanya.

Hasim mengatakan, jika Allah SWT memberikan amanah kepadanya menjadi Bupati Simalungun, maka ia akan memperhatikan sektor pertanian.

“Saya dan Bang TPS memiliki program peningkatan pertanian di Simalungun. Apalagi hasil pertanian seperti jeruk dari Simalungun ini. Rasanya manis dan segar,” ujarnya.

Masih kata Hasim, jeruk Simalungun sangat manis namun belum dikenal seperti jeruk yang dihasilkan daerah lain.

“Padahal jeruk Simalungun, tapi ada saja yang mengatakan jeruk asal daerah lain. Jadi saya akan mempromosikan jeruk Simalungun ini, bukan hanya di Simalungun tetapi sampai ke luar negeri,” kata Hasim yang ikut memetik jeruk langsung dari pohon.

Ditambahkan Hasim, merupakan tugas pemerintah untuk memperkenalkan serta mencari penampung hasil pertanian di Simalungun, termasuk hingga ke luar negeri. (rel/fi)