News

Hasil Swab Test, Positif Covid-19 Bertambah di Siantar Menjadi 2 Orang

SIANTAR, FaseBerita.ID – Seorang anak umur 12 tahun di Kota Siantar dinyatakan positif terinfeksi covid-19 hasil pemeriksaan swab test.

Berdasarkan keterangan juru bicara tim gugus tugas Daniel Siregar, Selasa 21 April 2020, awalnya si anak merupakan pasien PDP.
“Dia dinyatakan pasien PDP karena berkontak langsung dengan pasien positif PDP,” ujarnya.

Berdasarkan hasil swab yang  terima gugus tugas, anak tersebut dinyatakan positif.
“Kita menunggu hasil swab sekali lagi. Karena prosedur setelah dua kali hasil swab baru kita bisa melakukan tindakan lanjutan kepada anak itu,” terang Daniel.

Disebutkan bahwa si anak tersebut tidak memiliki gejala sakit. Namun tetap dikarantina di RSU Djasamen Saragih.

Sementara itu, satu pasien lainnya yang sebelumnya dinyatakan positip masih diisolasi di RSU Djasamen Saragih.
“Kemarin dilakukan pemeriksaan swabnya dan hasilnya sudah negatif. Tapi harus dilakukan lagi pemeriksaan swab kedua, kalau memang negatif baru dinyatakan sembuh.
Dia pun menjelaskan 1 pasien positif yang belum sembuh,” ujar Daniel Siregar.

“Jadi kita masih menunggu hasil swab berikutnya. Harus dua kali dilakukan swab dan hasilnya negatif baru bisa dinyatakan sembuh,” tegas Daniel.

Tambah 375 Kasus di Indonesia

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa masih ada penularan virus corona yang menyebabkan kasus Covid-19 masih bertambah.

Berdasarkan data pemerintah hingga Selasa (21/4) pukul 12.00 WIB, terdapat 375 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ratusan kasus baru tersebut menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia ada 7.135 pasien, sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Hal ini diungkapkan Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Selasa sore. “Pada hari ini kami dapatkan 375 kasus konfirmasi (positif) yang baru, sehingga total ada 7.135 orang,” ujar Achmad Yurianto.

Dalam periode yang sama, diketahui ada penambahan 95 pasien Covid-19 yang sembuh setelah sebelumnya dinyatakan negatif virus corona dari dua kali pemeriksaan. Penambahan itu menyebabkan jumlah pasien sembuh totalnya ada 842 orang.

Adapun, data yang sama juga menyebutkan bahwa tercatat ada penambahan 26 pasien Covid-19 yang meninggal dalam 24 jam terakhir. “Sehingga jumlahnya (total) menjadi 616 orang,” kata Yurianto. (mag04/int)