News

Hasil Swab Tes PDP Meninggal Asal Paluta Dinyatakan Negatif

FaseBerita.ID – Hasil pemeriksaan swab tes dengan metode PCR terhadap Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang meninggal dunia pada Senin (13/4/) lalu, dinyatakan negatif Coronavirus Disease (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta, Lairar Rusdi Nasution berdasarkan surat Dinas Kesehatan Provsu No. 443.33/5806.U/DINKES IV/2020, tanggal 25 April 2020, tentang penyampaian hasil pemeriksaan sampel Covid-19 atas nama SHS (18).

“Alhamdulillah hasil swab tes nya sudah keluar dan dinyatakan negatif,” ungkap Lairar, Senin (27/4).

Terkait pemakaman terhadap PDP tersebut yang sudah dilakukan sesuai protokol Covid-19, hal itu menurut Lairar sebagai langkah antisipasi untuk menghindari kemungkinan terburuk.

“Itu semua adalah untuk kehati-hatian kita semua dalam mencegah dan menangani resiko penularan dan penyebaran pandemi Covid-19 ini, dan semua itu sudah diatur sesuai SOP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, berat memang tapi kita harus memakluminya,” jelasnya.

Dengan adanya surat resmi hasil swab tes terhadap pasien PDP itu, lanjut Lairar, hingga berita ini di turunan saat ini tidak ada pasien di Kabupaten Paluta yang meninggal dunia akibat wabah Covid-19.

Sebelumnya, seorang warga asal Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) berinisial SHS (18) meninggal dunia pada Senin (13/4) lalu. Pasien meninggal dengan status sebagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan di makamkan sesuai protap corona. (ais)