News

Hasil Rekapitulasi KPU Paluta: Prabowo-Sandi Menang Telak

PALUTA, FaseBerita.ID – Berdasarkan hasil Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perolehan Suara tingkat Kabupaten oleh KPU Padang Lawas Utara, suara pasangan Capres 02 Prabowo-Sandi menang tenang atas suara pasangan Capres 01 Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dengan persentase perolehan suara kemenangan 70,84 persen, sedangkan Jokowi-KH Ma’ruf Amin hanya 29,16 persen.

Hal ini diketahui dari hasil rapat pleno terbuka yang diselenggarakan KPU Paluta mulai hari Rabu (1/5) hingga Jumat (3/5) di Aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak.

Perolehan suara pasangan Capres nomor urut 01 memeroleh 38.747 suara sedangkan Capres nomor urut 02 memperoleh 94.164 suara.

Turut hadir menyaksikan penandatangan penetapan hasil akhir perolehan suara tersebut antara lain, seluruh komisioner KPU Paluta dan Komisioner Bawaslu Paluta serta Panwascam dan PPK se-Kabupaten Paluta. Selain itu juga dihadiri para saksi-saksi partai politik, saksi DPD, saksi kedua Capres dan Cawapres.

Saksi pasangan capres 02 atas nama M Asyisyaibani Harahap saat di konfirmasi mengatakan, mulai dari perhitungan sampai akhir pihaknya mengaku tidak ada masalah serta mengatakan hasilnya fair dan realistis sesuai dengan perhitungan form C1.

“Namun demikian, kami akan terus mengawal suara 02 sampai pada penetapan KPU RI. Kami yakin 02 masih menang secara Nasional,” ungkapnya.

Ia juga mengaku, dari hasil persentasenya atas perolehan suara pasangan Capres 02 dari seluruh kertas suara Capres yang dinyatakan sah di Kabupaten Paluta mencapai 70,84 persen.

“Atas nama Tim Pemenangan Capres 02 Prabowo-Sandi Paluta, Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara yang telah mendukung dan memilih pasangan Prabowo-Sandi,” pungkasnya. (ais)