News

Hasil Monitoring Komisi B DPRD Asahan di Puskesmas Mutiara: Tenaga Medis Tidak Difasilitasi APD

FaseBerita.ID – Komisi B, DPRD Kabupaten Asahan melakukan monitoring ke RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran dan Puskesmas Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur, Rabu (20/1).

Turut serta Ketua Komisi B, Jansen Hutasuhut dan beberapa anggota seperti Rippy Hamdani, Juliamin, Sukimin, Abd Razaq dan Nilawati.

Jansen mengatakan, tujuan monitoring tersebut adalah menampung keluhan masyarakat. Kemudian melihat fasilitas kesehatan dan BPJS.

Menurutnya, adapun hasil monitoring tersebut bervariasi. Terdapat beberapa keluhan masyaraka berupa kekecewaan dan pelayanan yang belum memadai. Namun, ada juga masyarakat yang merasa cukup terlayani.

“Tentunya, pelayanan kesehatan tetap harus terbaik yang diberikan kepada masyarakat,” harap Jansen.

Kemudian, ujar Jansen, di Puskesmas Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur terdapat keluhan para tenaga medisnya. Keluhan tersebut berupa alat pelindung diri (APD) yang tak pernah difasilitasi.

“Kita juga mendapati keluhan tenaga medis di Puskesmas Mutiara. Mereka tak pernah mendapatkan APD, dan harus beli masing-masing dan tidak sekali pakai,” terangnya.

Di tempat yang sama, Nilawati yang juga anggota Komisi B menegaskan, mereka akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terhadap dinas terkait untuk membahas hasil monitoring ini termasuk persediaan APD.

“Kita juga akan memanfaatkan pokok pikiran kita untuk menangani masalah ini,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan masyarakat harus maksimal dan tidak ada kekecewaan. Begitu juga dengan tenaga medis, harusnya terfasilitasi APD-nya.

Senada dengan Rippy Hamdani, ia juga sependapat atas pelayanan kesehatan yang maksimal. “Pasien harus dilayani dengan baik. Kami tidak mau pasien ditelantarkan, baik itu pasien umum maupun BPJS,” terangnya.

Terakhir Rippy membeberkan, monitoring ini akan terus berlanjut kedepannya hingga ke 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

“Kita pasti akan sambangi setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan ini, demi tercapainya pelayanan kesehatan yang baik,” tutupnya. (Bay)

USI