News

Hari Lalulintas Bhayangkara Ke-66, Satlantas Polres Simalungun Gelar Donor Darah

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Polres Simalungun menggelar bakti sosial berupa donor darah dalam rangka memperingati Hari Lalulintas Bhayangkara ke-66, Kamis (16/9/2021) di Mapolres Simalungun, Pematang Raya.

Kasatlantas Polres Simalungun AKP Hendrik Fernandes Aritonang SIK MH menjelaskan, jajaran Satlantas menggelar donor darah sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sementara Kepala Unit Donor Darah PMI Cabang Pematangsiantar dr Abadi Sinaga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada jajaran Polri, khususnya Satlantas Polres Simalungun yang rutin menggelar donor darah bersama. Kegiatan ini sangat membantu tugas PMI dalam pengadaan darah bagi pasien di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

“PMI akhir-akhir ini kekurangan stok darah bagi pasien yang membutuhkan. Di awal pendemi hampir tidak ada yang mendonor secara bersama-sama. Namun seiring waktu, saat ini sudah mulai banyak yang melakukan donor seperti biasa. Sehingga kebutuhan dapat terpenuhi sebagian,” kata dr Abadi Sinaga.

Dijelaskan Abadi, walau dalam kondisi pendemi, donor darah tetap dapat dilakukan bagi orang yang bertubuh sehat dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darah. PMI tetap melakukan proses pemeriksaan kelayakan bagi calon pendonor, sehingga keamanan tetap dapat dijamin.

“Kami mengundang seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendonor, agar teman-teman kita yang sedang membutuhkan darah dapat terbantu. Kuncinya tetap melakukan protokol kesehatan, melakukan gaya hidup sehat, banyak istirahat dan rutin berolahraga,” katanya.

Abadi juga mengimbau agar pasien dan keluarga yang membutuhkan darah, agar langsung mendatangi Kantor PMI Siantar di Jalan Sutomo.(esa/fabe)