News

Hari Ini 12 Kecamatan di Simalungun Pemadaman Listrik

Mulai Pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB

FaseBerita.ID – Pelanggan PT PLN ULP Sidamanik akan mengalami pemadaman listrik sementara, sehubungan dengan adanya pekerjaan pemeliharaan Gardu Induk (GI) di Pematangsiantar, Jumat (19/6/2020) mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Hal tersebut diutarakan Manajer PT PLN ULP Sidamanik, Agil Tharo saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (18/6/2020) sekira pukul 17.00 WIB

“Kita ada pemadaman karena ada pemeliharaan tahunan Gardu Induk (GI) di Pematangsiantar, dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,”ujarnya.

Memanfaatkan waktu pemadaman tersebut, Agil Tharo mengatakan pihaknya melakukan pemeliharaan jaringan di sisi tegangan menengah yaitu melakukan pemotongan pohon, mengganti komponen yang tidak handal dan memasang anti petir.

Dijelaskan Agil Tharo, wilayah PLN ULP Sidamanik ada 12 Kecamatan yakni Sidamanik, Pematang Sidamanik, Panei, Panombeian Panei,  Dolok Pardamean, Dolog Masagal, Raya, Purba, Haranggaol, Silimakuta, Pamatang Silimakuta dan Dolok Silau dengan total sebanyak 52000 pelanggan.

“Antisipasi untuk meminimalisir pemadaman, kami melakukan manuver suplai tegangan dari wilayah Kabanjahe (Penyulang PT 6) untuk wilayah Saribudolok agar aliran listrik di Saribudolok bisa nyala, untuk itu kami memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanannya,” jelas Tharo.

Agil Tharo menjelaskan akhir-akhir ini listrik padam disebabkan adanya gangguan dari pohon yang mengenai kabel listrik tegangan menengah.

“Pada intinya penyebab gangguan, bisa kita bilang 60-70 persen akibat dari pohon, selain itu petir, binatang (burung, ular) dan layang-layang,” jelasnya.

Agil Tharo menambahkan pihaknya menemukan beberapa kasus, dimana masyarakat menebang bambu mengenai kabel Listrik, lalu dibiarkan tidak melapor ke pihak PLN.

“Jadi himbauan kami tolonglah kepada masyarakat apabila ingin memanen pohon bambu yang dekat dengan jaringan kita, sebelum melakukan pemotongan dilapor dulu kepihak PLN. Jadi kami bisa antisipasi melakukan pemadaman sementara, lalu dilakukan pemotongan bambu dan kita pulihkan kembali bila sudah aman,” pungkasnya. (mag-05/fi)

USI