News

Hari Buruh di Asahan: Tolong Perjuangkan Nasib Buruh

ASAHAN, FaseBerita.ID – Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Asahan melakukan aksi damai memperingati hari buruh di depan Kantor Bupati Asahan, Rabu (1/5).

Aksi yang diikuti sekitar 100 orang tersebut kompak menggelar aksi damai tanpa ada tindakan anarkis dan melanggar aturan.

Kusno, selaku Koordinator aksi mengatakan, melalui aksi tersebut ia dan para rekannya berharap agar Pemkab Asahan dan instansi berkaitan, mampu memperjuangkan nasib para buruh.

“Kami berharap kepada Pemkab Asahan dan para instansi yang berkaitan dengan buruh agar siap memperjuangkan para buruh dalam tindakan yang dapat merugikan para buruh,” ujarnya.

Kusno juga menjelaskan bahwa masih banyak perusahaan yang belum memenuhi standar para buruhnya.

“Biasanya pelanggaran ketenagakerjaan yang umum terjadi itu adalah upah di bawah UMP/UMK, upah lembur tidak dibayar, BPJS atau jaminan sosial kesehatan dan tenaga kerja tidak ada, status karyawan tidak jelas dan sebagainya,” beber Kusno.

Kusno menjabarkan bagi buruh yang bergabung di FPBI dipastikan akan menjamin dan memperjuangkan para buruh yang bergabung di FPBI untuk mendapatkan hak nya.

“Hari buruh ini merupakan momentum ketika kaum buruh merapatkan barisan dan menyalahkan mesin-mesin perlawanan. Kehendak seorang buruh akan diabaikan pengusaha, tetapi perlawanan jutaan buruh bisa dibiarkan begitu saja,” ungkapnya.

“Kami mengajak kawan-kawan sekalian menjadi bagian dari mesin-mesin perlawanan untuk kesejahteraan buruh dan rakyat. Buruh bersatu akan menjadi sebuah kekuatan politik alternatif dan kekuatan politik rakyat,” tutur Kusno.

Pantauan wartawan, dari mulainya aksi itu berjalan hingga selesai tidak ada dampak negatif yang membuat kericuhan. Aksi berjalan lancar tanpa adanya kericuhan yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. (Bay)