News

Hardiknas 2021: Kesampingkan Kesulitan, Bangkitkan Semangat!

JAKARTA, FaseBerita.ID– Tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. Ini merupakan kali kedua Hardiknas diperingati bersama-sama dengan pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pun mengatakan bahwa masa ini tidak mudah bagi seluruh masyarakat, khususnya para pendidik, pelajar serta orang tua. Akan tetapi, jangan jadikan ini sebagai penghambat inovasi anak bangsa.

“Pada hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, sekaligus hari penting bagi pendidikan nasional ini, marilah kita kesampingkan sejenak segala kesulitan. Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia,” terang dia dalam Upacara Bendera, Minggu (2/5).

Ia menuturkan bahwa lebih dari setahun ini telah banyak belajar dan memahami kesulitan para pelajar yang harus menghadapi berbagai tantangan belajar dari rumah. Salah satunya rasa rindu untuk belajar bersama.

Ia pun mengapresiasi para pendidik di tengah berbagai keterbatasan dan ketiadaan yang telah melakukan berbagai inovasi, eksplorasi dan menemukan jurus jitu untuk menciptakan pembelajaran yang baik bagi anak didiknya.

“Saya juga mendengar keluh kesah dan kiprah orang tua di tengah berbagai kesibukan mampu memainkan berbagai peran, baik sebagai ayah, ibu, pendidik dan sahabat bagi putra-putrinya,” tambahnya.

Nadiem percaya bahwa tidak ada tantangan yang tidak bisa dihadapi bangsa Indonesia apabila seluruh pihak saling bergandeng tangan mengatasi permasalahan ini.

“Di hari yang mulia ini dan di bulan yang penuh kemenangan ini, saya ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari bangkit dan pulih. Mari serentak bergerak, wujudkan Merdeka Belajar,” tandasnya.(jp/fabe)

USI