News

Hanura Calonkan Asner Silalahi–Susanti untuk Pilkada Siantar 2020

JAKARTA, FaseBerita.ID – DPP Partai Hanura telah memantapkan keputusannya dengan mencalonkan pasangan Asner Silalahi – Susanti Dewayani untuk Pilkada tahun 2020 di Kota Pematangsiantar.

Informasinya, surat DPP tersebut telah dikeluarkan pada tanggal 29 Juni 2020 dan surat tersebut langsung diserahkan kepada Asner Silalahi di Jakarta.

Sebelumnya pasangan ini telah melalui proses tahapan pendaftaran di Partai Hanura mulai dari tingkat Cabang Kota Pematangsiantar melalui Tim Penjaringan Cabang (TPC) hingga berkas pencalonan tersebut diproses oleh Tim Penjaringan Pusat Partai Hanura.

Karena dianggap layak maju sebagai Calon Walikota dan memiliki visi misi yang jelas, maka TPP Hanura langsung mengeluarkan surat tugas pada tanggal 17 Maret 2020 kepada Asner Silalahi agar melakukan konsolidasi dengan partai lainnya untuk berkoalisi.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk syarat menjadi Calon Walikota Siantar sedikitnya Partai pengusung memiliki 6 kursi di DPRD Kota Siantar. Sementara Partai Hanura memiliki 4 Kursi di DPRD Kota Siantar. Maka dengan itu, Asner Silalahi harus mencari Partai lagi untuk bisa menjadi Calon Walikota Siantar.

Kemudian pada 29 Juni 2020 lalu, DPP Hanura akhirnya menjatuhkan pilihannya melalui surat rekomendasi kepada Asner Silalahi sebagai Calon Walikota yang berpasangan dengan Susanti Dewayani untuk di Pilkada Kota Siantar.

Terpisah saat dikonfirmasi, Ketua Tim Pilkada Cabang (TPC) Hanura Kota Siantar Hendra Leonardo Simanjuntak membenarkan surat rekomendasi tersebut. Ia mengatakan, penyerahan rekemondasi oleh Sekretaris Tim Pilkada Pusat, Tellie Gozali kepada Asner Silalahi di Jakarta, merupakan keputusan diambil oleh Tim Pilkada Pusat (TPP).

Sementara itu, diketahui pada 23 Juni 2020 lalu, Partai Demokrat juga telah mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani untuk di Pilkada Siantar. Partai Demokrat sendiri memiliki 3 kursi di DPRD Kota Pematangsiantar. (pra/fi)