News

Halal Bihalal di Rumah Dinas Walikota: Jalin Silaturahmi Seluruh Jajaran di Pemko

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Usai pelaksanaan Apel Kesadaran di lapangan Simaremare, Pemerintah Kota Sibolga menggelar acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 H di Rumah Dinas Wali Kota Sibolga, Senin (17/6/2019) pagi. Kegiatan digelar untuk mempererat hubungan silaturahmi seluruh jajaran Pemko Sibolga.

Hadir pada acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Delmeria Sikumbang, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah M Yusuf Batubara.

Kemudian, seluruh Kepala OPD Se-Kota Sibolga, para Camat dan Lurah Se-Kota Sibolga dan Aparatur Sipil Negara (ASP), baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga Honorer di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Tapanuli Tengah Bachtiar Ahmad Sibarani didampingi wakilnya Darwin Sitompul. Kemudian, Ketua DPRD Kota Sibolga Tony Agustinus Lumban Tobing beserta beberapa Anggota DPRD lainnya. Para Tokoh Agama, Kapolres Sibolga, Komandan Korem 023/KS, Kepala Kejaksaan Sibolga, Kepala Cabang Bank Indonesia dan perwakilan Instansi vertikal yang ada di Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan, halal bihalal tersebut digelar sebagai media bagi semua, untuk dapat saling memaafkan. “Atas nama Pemerintah Kota Sibolga, saya ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh seluruh Kepala OPD, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh ASN yang hadir. Pengahargaan kepada ASN yang sudah bekerja dengan baik,” kata Syarfi.

Sekilas, Wali Kota Sibolga dua periode tersebut mengungkapkan tentang keberhasilan Pemko Sibolga dalam hal laporan keuangan, berkat kerjasama yang baik seluruh ASN. Kalau sebelumnya Pemko hanya mampu berada diurutan ke 33 dari 34 Kabupaten/Kota se-Sumut, kali ini beda. Sibolga masuk dalam 10 besar terbaik dan tercepat dalam penyampaian laporan keuangan.

“Laporan keuangan kota Sibolga dapat disampaikan dengan cepat. Yang biasanya Kota Sibolga selalu paling lama menyampaikan laporan, hari ini Kota Sibolga masuk sepuluh besar Kabupaten/Kota tercepat di Sumatera Utara menyampaikan laporan keuangan,” pungkasnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga berharap hubungan baik antara Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah yang hingga kini terbina baik, dapat terus terjalin. Sehingga program-program kerja Pemko Sibolga dan Pemkab Tapteng dapat terus berjalan demi kemajuan kedua daerah.

“Sibolga dan Tapteng, gak bisa jalan sendiri-sendiri. Sebelumnya, seluruh aset Pemkab Tapteng yang ada di Sibolga, sudah diserahkan ke Pemko Sibolga. Tinggal rumah dinas Bupati saja yang belum. Begitu juga dengan aset Pemko yang ada di Tapteng, sudah diserahkan ke Pemkab Tapteng. Sekarang, tinggal batas wilayah. Bupati sudah menyetujui untuk perluasan wilayah Sibolga. Tapi, untuk saat ini, yang ada sajalah dulu yang kita urusi, kita perbaiki,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Bupati Tapteng Baktiar Ahmad Sibarani mendengungkan mengenai hubungan baiknya dengan Wali Kota Sibolga. Dan hal tersebut menjadi catatan sejarah kedua daerah. Karena, hubungan harmonis kedua kepala daerah tersebut, tidak pernah terjalin dimasa kepemimpinan pemimpin sebelumnya.

“Kedepan harus orang yang ingin membangun Sibolga-Tapteng yang akan menjadi Wali Kota di Sibolga ini. Bukan yang kerjanya hanya ingin memecahbelah saja,” kata Baktiar. (ts)