News

Gunakan Surat Rapid Test Palsu, Puluhan Calon Penumpang Batal Berangkat

FaseBerita.ID – Puluhan calon penumpang kapal penyeberangan dari Pelabuhan Sibolga tujuan Pelabuhan Gunung Sitoli Nias batal berangkat dikarenakan surat keterangan (suket ) rapid tes Covid-19 yang digunakan penumpang palsu, Jumat (26/6) malam.

Pak Zebua (50), bersama calon penumpang lainnya saat ditemui wartawan di teras gedung Terminal Baru Pelabuhan Sibolga, Sabtu (27/6) mengakui bahwa suket rapid tes yang diperolehnya dari agen saat membeli tiket.

“Saat membeli tiket di loket agen, Jumat (26/6) siang hari kami dibawa melakukan rapid tes, ditandai dengan pengambilan sampel darah dan membayar Rp250 ribu,” katanya.

Selanjutnya, calon penumpang diarahkan menunggu di pelabuhan dan sore harinya suket rapid tes diberikan.

“Di loket terminal masuk ke kapal tidak diijinkan karena suket rapid tes palsu,” katanya.

Dia menambahkan, puluhan calon penumpang lainnya yang sudah berada di dalam kapal juga di suruh turun karena menggunakan suket palsu. “Saya dan penumpang lainnya berharap , malam ini bisa berangkat ke Nias karena sudah beli tiket dan bayar rapid tes,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga Augustia Waruwu kepada wartawan lewat telepon seluler membenarkan adanya calon penumpang yang menggunakan suket rapid tes palsu.

“Hal ini sudah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian setempat dan pihak yang mengeluarkan suket rapid tes tersebut,” jelasnya. (mis)

USI