News

Gulungan Kabel PLN Terbakar

PALAS, FaseBerita.ID – Sejumlah gulungan kabel milik PLN hangus terbakar, Sabtu (20/7/2019) pagi di pinggir Jalan Jalur Dua Sisupak-Latong tepatnya di depan simpang gardu induk PLN Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun.

Gulungan kabel baru yang masih terbungkus kayu, dan belum digunakan itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, awalnya Satpam yang berjaga di Gardu Induk Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun, Sutan Batang Onang melihat ada asap sekitar pukul 05.30 WIB. Begitu dipastikan, sudah ada api membakar gulungan kabel ukuran besar ini.

Lalu Sutan menghubungi pihak PLN, Ilham Nauli selaku koordinator Yantek ULP Sibuhuan. Dan langsung beranjak memastikan peristiwa pagi itu.

Begitu melihat api yang mulai merembet ke gulungan kabel lainnya, pihak PLN langsung menghubungi Damkar dan Polisi. Tak ada yang bisa diperbuat memadamkan api, selama menunggu unit Damkar.

Saat dua unit damkar datang, langsung memadamkan api. Diperkirakan sejam kemudian api baru padam. Ada enam Aspel (gulungan) kabel tanam (SKTM) yang terbakar dari 34 total aspel yang terletak di pinggir jalan itu. Diperkirakan kerugian hampir mencapai Rp1 miliar.

“Kerugian hampir Rp 1 miliar. Karena per meternya itu harganya sekitar Rp550 ribu/ meter. Yang terbakar ini ada berkisar 1.700 meter. Karena per aspelnya itu panjangnya 250-300 meter,” jelas Febri Aulia R.

Petugas dari Polsek Barumun di lokasi telah memasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. Belum diketahui apa penyebab kebakaran.

“Kalau secara logika, mana mungkin ini terbakar. Tapi kita serahkan saja sama polisi untuk mengusutnya,” tukas Manager ULP Sibuhuan Dody Pulungan didampingi Febri Aulia R selaku supervisor teknik PLN ULP Sibuhuan di lokasi.

Dilihat dari posisi gulungan kabel yang baru serah terima antara distribusi dengan pihak PLN Rabu (16/7/2019) lalu, tidak memungkinkan terbakar sendiri. Apalagi berada di pinggir jalan, dan belum digunakan.

“Baru sampai ini, baru serah terima Rabu kemarin. Ini lah rencana mau kerja. Kalau yang terbakar mana bisa digunakan lagi,” tambah Dody dan Febri.

Sementara Kapolsek Barumun AKP Sudirman membenarkan kejadian itu. Dan kini sedang dalam penyelidikan. “Ya, sedang kita lidik,” singkat Kapolsek. (tan)