News

Gugatan Dahlan-Aswin Ditolak MK, Sukhairi-Atika Sah jadi Pemenang Pilkada Madina

MADINA, FaseBerita.ID– Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia resmi menolak gugatan jilid 2 pasangan calon nomor urut 02 Pilkada Mandailing Natal (Madina), Drs H Dahlan Hasan Nasution-H Aswin, atas perselisihan hasil perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina.

Dengan demikian pasangan HM Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi (SUKA) resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Madina terpilih.

Ketua MK RI, Dr Anwar Usman SH MH, saat membacakan amar putusan perkara, Kamis (3/6) sekitar pukul 10.00 WIB, mengatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya dan menyatakan sah keputusan KPU Madina nomor 724/PY.02-kpt/1213/KPU.KAB/IV/ 2021 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2020.

“Menyatakan batal keputusan KPU Madina nomor 771/PL.02.7-kpt/1213/KPU.KAB/V/2021 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal tahun 2020 tanggal 3 Mei 2021,” kata Anwar, seperti dikutip dari kanal video YouTube MK, kemarin.

MK juga memerintahkan KPU menerbitkan keputusan baru tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2020.

Menyikapi keputusan tersebut, Ketua KPU Madina, Fadillah Syarief SH, mengatakan akan berkoordinasi dengan KPU RI terkait amar putusan MK tersebut. “KPU Madina masih menunggu arahan KPU RI, terkait tindak lanjut dari putusan yang sudah ditetapkan oleh MK RI pagi ini untuk melaksanakan kembali tahapan penetapan pasangan calon terpilih,” kata Syarief.

Syarief juga menjelaskan, sengketa Pilkada Madina telah selesai hari ini. Selanjutnya KPU, akan menetapkan pasangan calon nomor urut 01 HM Jakfar Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi sebagai pemenang Pilkada tahun 2020. “Pemenangnya adalah Paslon nomor urut 01, setelah ada arahan dari Pimpinan. Kita langsung melakukan penetapan,” jelasnya lagi.

Sebelumnya, gugatan jilid 2 ini diajukan oleh pasangan calon nomor urut 02 Drs H Dahlan Hasan Nasution-H Aswin, yang disebut sebagai pemohon atas perselisihan hasil perolehan suara di 3 TPS dua Desa Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Yaitu TPS 001 Desa Bandar Panjang Tuo Kecamatan Muara Sipongi dan TPS 001 serta 002 di Desa Kampung Baru Kecamatan Panyabungan Utara pada 26 April 2021 kemarin.(rel/fabe)