News

Gubsu Tinjau Persiapan Sail Nias 2019: Kenyamanan Bandara Hingga Kondisi Jalan Jadi Perhatian

NIAS, FaseBerita.ID – Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua bersama kepala daerah se-Kepulauan Nias menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Bandara Binaka Gunungsitoli, Senin (2/9/2019). Rombongan Gubernur tiba di Bandara Binaka dalam rangka mengunjungi dan melihat persiapan menjelang Sail Nias 2019.

Walikota Gunungsitoli mengajak gubernur dan seluruh rombongan untuk melihat-lihat kondisi Bandara Binaka, diantaranya ruang VVIP yang akan disinggahi tamu-tamu penting pada saat pelaksanaan event Sail Nias 2019 ini.

Dalam peninjuan ini, gubernur menekankan agar pemerintah dan pihak bandara dapat menuntaskan pembenahan di area Bandara Binaka. Termasuk keindahan, keasrian, kebersihan dan kenyamanan, sehingga dapat memberikan kesan positif kepada para tamu daerah demi kelancaran even kelas dunia tahun ini, Sail Nias 2019.

Dari Bandara Binaka, Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli dan kepala daerah lainnya mendampingi Gubernur melihat kondisi jalan dan fasilitas lainnya, kemudian menuju Pendopo Kabupaten Nias untuk melaksanakan rapat koordinasi persiapan Sail Nias 2019 yang dihadiri unsur Forkopimda se-Kepulauan Nias dan pejabat pemerintahan terkait dari masing-masing kabupaten dan kota.

Dalam pertemuan ini, gubernur kembali berpesan agar seluruh pihak bersinergi dalam rangka mendukung dan menyukseskan pelaksanaan even Sail Nias ini.

“Kita berharap agar unsur pemerintah dan instansi lainnya dapat mewujudkan tujuan pokok dari Sail Nias ini yakni mempromosikan daerah Kepulauan Nias ini menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Kesan yang dibangun adalah dengan keindahan, kenyamanan dan keramahtamahan masyarakat di Kepulauan Nias dapat menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang dan berkunjung, lagi dan lagi ke Pulau Nias yang kita cintai ini,” harapnya.

Ia menjelaskan, mulai dari fasilitas bandara, jalan raya, infrastruktur harus dibenahi dan ditata dengan rapi. Hal ini juga perlu didukung dengan kebersihan, keasrian dan kenyamanan, termasuk sikap ramah-tamah dari masyarakat.

“Marilah tunjukan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik dan memperlakukan tamu bagaikan raja, sehingga kesan kenyamanan yang disuguhkan di pulau nias akan menjadi kenangan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Edy Rahmayadi juga menegaskan bahwa poin penting selanjutnya adalah sisi pengamanan.

“Hendaknya kemananan dan pengawalan para tamu kita nantinya diperhatikan sebaik mungkin, sehingga pelaksanaan Sail Nias 2019 ini sukses dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” pintanya.

Hotel Full Booking

Jelang penyelengaraan even wisata berskala naisonal, Sail Nias 2019 pada 5-16 September 2019, sejumlah hotel di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara sudah dibooking para tamu maupun peserta Sail Nias. Bahkan ada hotel yang sudah full booking pada tanggal tersebut.

Sementara itu, Mess Pemerintah Propinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Jalan Karet, Kota Gunungsitoli dikabarkan akan ditempati pihak Keprotokoleran dan Humas Gubernur Provinsi Sumatera Utara.

“Sebagian kamar hotel sudah di-booking para tamu dari luar Kepulauan Nias, Pak. Tujuan mereka Sail Nias,” ujar Manajer Hotel Nias Place, Thomas Kristian Hia, Senin (2/9/2019).

Ia mengatakan, tarif kamar tetap seperti biasa dan tidak ada kenaikan. Sebab, sudah ada surat edaran (SE) Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli untuk tidak mengambil kesempatan menaikan tarif kamar hotel kepada para tamu saat pelaksanaan Sail Nias.

“Tarif kamar tetap seperti biasa, yakni Rp275.000 ribu standar, dan delux sekitar Rp400.000,” papar dia.

Hotel kelas melati yang berlokasi di Jalan Moh Hatta, Kota Gunungsitoli tersebut memiliki fasilitas berupa AC, TV, serapan pagi, dan kamar mandi.

Begitu juga Hotel Nasional di Jalan Kelapa, Gunungsitoli, sebagian kamar sudah di pesan.

Peter, manager hotel, mengaku sudah ada yang booking sekitar 20 kamar mulai 9 September 2019. “Tapi yang full tanggal 13 dan 14 sekitar 40 dari total 50 kamar”, ungkap Peter.

Ia menuturkan, yang sudah memesan tersebut ada dari Jakarta dan sebagian dari instansi lokal. Meski akan ramai pengunjung Sail Nias, kata Peter, harga kamar tetap seperti biasa.

Sementara Wisma Soliga Resort Hotel dan Convention sudah full booking. Seorang pelayan hotel mengaku sudah full booking mulai 5-16 september 2019.

“Tamu dari Danramil sudah memesan jauh sebelumnya. Malah mereka dapat diskon karena rombongan,” kata pria bermarga Bu’ulolo itu.

Sedangkan Citra Zebua, Receptionis Hotel Sthree yang beralamat di Jalan Diponegoro mengaku, pihaknya belum mendapat pesanan hotel terkait pelaksanaan Sail Nias.

“Ia pak dari 11 kamar yang ada, belum ada yang mesan,” tuturnya.

Sementara itu, Mess Pemerintah Propinsi Sumatera Utara rencananya akan ditempati pihak Keprotokoleran dan Humas Gubernur Sumatera Utara yang akan mensuport even Sail Nias.

“Ia Pak. Sudah di-setting oleh Keprotokoleran dan Humas Gubernur. Mereka bilang sama saya akan menggunakan kamar mess untuk mengantisipasi jika hotel penuh,” ujar Saragih, pegawai Mess Pemprosu di Gunungaitoli. (mbc/sp)