News

Gratis, 10 Ribu KIA Akan Terbit di Asahan

KISARAN, FaseBerita.ID – Disdukcapil Asahan menargetkan menerbitkan 10 ribu keping blangko Kartu Identitas Anak (KIA) kepada penduduk Kabupaten Asahan yang berusia di bawah 17 tahun.

Hal itu merupakan program nasional yaitu pembuatan dan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA), menindaklanjuti Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016. KIA merupakan kartu identitas bagi anak usia di bawah 17 tahun.

“Target kami untuk tahun 2019, minimal 10 ribu keping dan untuk bulan ini (Juli) kami sudah capai sebanyak dua ribu keeping,” kata Supriyanto, Sabtu (27/7/2019).

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan bahwa tujuan dari program pemerintah menerbitkan KIA, agar anak usia 0-17 tahun memiliki identitas sesuai yang tertera di kartu keluarga (KK) milik orang tuanya.

Menurutnya banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila anak memiliki KIA, seperti mempermudah anak untuk mendapatkan pelayanan dan pengurusan administrasi kesehatan maupun lainnya.

“KIA ini bisa dipergunakan anak sebagai persyaratan, seperti mendaftar sekolah, pelayanan kesehatan, transportasi dan lain-lain. Selain itu KIA ini juga ditujukan sebagai upaya anak dalam mendapatkan haknya,” ucapnya.

Untuk memenuhi target, salah satu cara yang ditempuh Disdukcapil Asahan yaitu melakukan jemput bola, mendatangi sekolah-sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Asahan.

“Meski mulai batas usia anak lima tahun yang bisa dicetak, tapi yang kami prioritaskan tahun ini untuk anak tingkat SD serta SMP,” sebutnya.

Terakhir Supriyanto menegaskan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan, bahwa pembuatan KIA ini gratis tanpa dikenakan pungutan biaya apapun. “Kalau ada yang melakukan pengutipan dalam pembuatan kartu ini secepatnya laporkan sama saya,” pungkasnya. (per/rah)