News

Gojek Resmi Beroperasi di Tobasa 

TOBASA, FaseBerita.ID – Bupati Kabupaten Toba Samosir Darwin Siagian melalui Kadis Kominfo Tobasa Lalo Hartono Simanjuntak melaunching Gojek di Lapangan DI Panjaitan Balige, Kamis (2/5). Dengan dilaunchingnya salah satu perusahaan transportasi itu, Balige menjadi daerah pertama di kawasan Tapanuli yang memiliki kantor cabang Gojek.

Hadir di acara itu, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Head of Public Policy dan Government Relations Gojek Regional Sumatera Muhammad Ruslan, mewakili Kepala Dinas Perhubungan Tobasa dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Darwin mengucapkan terima kasih kepada manajemen Gojek karena telah membuka cabangnya di Baliga, Tobasa dan dia menilai dengan adanya Gojek warga Tobasa dapat terbantu salah satunya dalam hal penyerapan tenaga kerja.

“Selain itu, UMKM di Tobasa kita harapkan dapat meningkatkan omsetnya. Karena dalam aplikasi Gojek pelanggan dapat memesan makanan hanya dengan aplikasi,” ucapnya.

Baca juga: Akan Beroperasi di KSPN Danau Toba, Taksi Online Diminta Segera Urus Perizinan

Menurutnya, Pemkab Tobasa dan masyarakat Tobasa menyambut hangat kehadiran Gojek di Balige dan dengan beroperasinya Gojek di Balige merupakan salah satu indikasi dari kemajuan Kota Balige.

“Di mana dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat merasakan kemudahan dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari dengan layanan Gojek. Keberadaan Gojek juga akan mendukung perkembangan pariwisata di Tobasa, karena sekarang wisatawan dapat dengan mudah menavigasi lokasi-lokasi wisata di daerah ini,” ujarnya.

Selain sebagai indikator kemajuan, sambungnya, Pemkab Tobasa mendukung sepenuhnya kegiatan operasional Gojek di Tobasa, baik untuk pelayanan publik seperti transportasi maupun layanan lainnya yang mempermudah kehidupan masyarakat.

“Kami juga berterima kasih dengan kehadiran Gojek di Balige, karena telah membantu program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat di sektor informal dan mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sini,” tandasnya.

Pjs Vice President Gojek Regional Sumatera Erika Agustine dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Gojek memiliki misi untuk memberikan manfaat sosial seluas mungkin bagi jutaan masyarakat Indonesia.

“Dengan beroperasinya Gojek di Balige, kami berharap lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra driver di Balige yang bisa merasakan manfaat teknologi, khususnya dalam membantu perekonomian daerah. Hal ini merupakan bagian dari dukungan kami terhadap program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan daya saing UMKM,” pungkasnya.

Dia menjelaskan, banyak manfaat dan layanan Gojek bagi masyarakat Toba Samosir, misalnya dari sisi pariwisata, ketersediaan layanan Gojek di area ini diharapkan turut memberi dampak positif berupa kenaikan jumlah wisatawan, karena adanya kemudahan dalam menavigasi area serta mengakses lokasi wisata seperti Makam Sisingamangaraja XII, Museum TB Silalahi Center, Pantai Lumban Bulbul dan lainnya.

“Gojek hadir di Balige melalui tiga layanannya yakni pengantaran penumpang (Go Ride), pengantaran makanan (Go Food), maupun pengantaran barang (Go Send). Sehingga Gojek menghadirkan kemudahan bagi masyarakat Tobasa maupun pengunjung atau wisatawan yang datang ke daerah ini,” tegasnya.

Sementara, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menyampaikan,  bahwa Tobasa memiliki banyak obyek wisata berkualitas yang berpotensi menarik banyak wisatawan.

“Kehadiran Gojek bisa mempertemukan kebutuhan konsumen, baik masyarakat setempat maupun wisatawan, dengan penyedia jasa yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada perekonomian daerah,” katanya. (rb/osi)

iklan usi