News

Gerakan Menuju Lapas Bersinar 44 Pegawai Lapas Tes Urine

FaseBerita.ID – Sebanyak 44 pegawai Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Pematangraya menjalani pemeriksaan urine yang dilakukan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Simalungun, di Kantor Lapas Narkotika Pematangraya, Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Rabu (24/6) sekira pukul 09.00 WIB.

Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Pematangraya EP Prayer Manik kepada para awak media menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan tindak lanjut dari MoU dengan BNNK Simalungun.

Dan juga sudah menjadi bagian dari regulasi dan arahan dari Dirjen PAS terkait pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas.

“Nanti kita akan lakukan secara rutin. Kedepannya kita ingin lapas ini bebas narkoba,” terangnya seraya mengatakan akan melaporkan hasil tes tersebut ke Kanwil Kemenkum HAM Sumut.

Sementara Kepala BNNK Simalungun saat memberikan keterangannya mengatakan, nantinya hasil dari test urine ini akan direkap dahulu dan disampaikan ke pihak Lapas.

“Kami dari BNNK Simalungun hanya melakukan saja sebagaimana pelaksanaan Implementasi Inpres No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional terkait P4GN. Selain test urine kami pun akan melakukan MoU. Rencananya secara bertahap kami bersama Pihak Lapas akan membentuk Lapas Bersinar,” katanya.

Dijelaskannya, untuk yang tes di lapas hasilnya negatif semua. Semoga ini menjadi awal yang baik agar terciptanya Lapas Bersinar. “Nantinya akan membentuk relawan relawan anti narkoba dimana nantinya relawan akan melibatkan pegawai dan kedepannya akan ada warga binaan yang juga menjadi relawan untuk menyuarakan bahaya narkoba,” terangnya.

“Harus ada yang menyuarakan anti narkoba di lingkungan Lapas ini. Kita harap nantinya relawan terbentuk sebagaimana semestinya,” pungkasya. (adi)

USI