News

Gelapkan Uang Koperasi, Pria Ini Diciduk di Riau

FaseBerita.ID – Satreskrim Polres Palas menangkap JSM (34) di kampungnya, Desa Ujung Batu Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (14/7).

Penangkapan ini merupakan tindak lanjut pengungkapan Kasus Tindak Pidana Penggelapan dalam jabatan sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 374 Subs 372 KUHPidana.

Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito melalui Kasat Reskrim Iptu Aman B dalam keterangan tertulisnya menyebutkan penangkapan terhadap JSM hingga dijemput ke provinsi Riau itu sebagai tindak lanjut LP nomor : LP/71/VI/2020/SU/PALAS/SPKT, tanggal 12 Juni 2020 lalu.

JSM merupakan Karyawan KSP Rejeki Mandiri Jaya di Sungai Korang Kabupaten Palas yang menggelapkan Rp37.316.000, uang koperasi.

Penangkapan berawal dari informasi bahwa tersangka berada di Desa Ujung Batu, Kecamatan Ujung Batu Rokan Hulu.

Anggota reskrim Polres Padang Lawas yang dipimpin KBO Reskrim Iptu M Taufik SH berangkat menuju Rokan Hulu.

Petugas berhasil mengamankan tersangka ini sekira pukul 05.30 WIB. Selanjutnya, pria ini diboyong ke Polres Palas untuk dilakukan pemeriksaan dan penyidikan.

Saat diperiksa, tersangka mengakui perbuatannya, telah melakukan penggelapan uang angsuran Nasabah. Caranya, dengan melakukan penarikan uang nasabah melalui Kartu ATM yang dipegang.

Diketahui, ATM para nasabah yang juga para karyawan perkebunan salah satu perusahaan perkebunan di Palas ini, dipegang JSM, sebagai agunan para nasabah saat meminjam uang di KSP Rejeki Mandiri Jaya.

Dan semestinya, JSM menarik uang para nasabah hanya sebatas besaran angsuran, sedang sisa gaji bulanan nasabah sebagai karyawan perkebunan, diberikan/dikembalikan kepada masing-masing nasabah.

Dan ternyata uang hasil penarikan angsuran nasabah dan uang yang ditarik dari ATM tidak ada yang disetor ke KSP Rejeki Mandiri Jaya. “Atas tindakan tersangka, KSP Rejeki Mandiri Jaya merugi berkisar Rp37.316.000,” sebut Kasat. (tan)

USI