News

Gedung Nasional Tarutung akan Jadi GOR

TAPUT, FaseBerita.ID – Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengusulkan pembangunan Gedung Olahraga (GOR) di daerah tersebut yang anggarannya bersumber dari keuangan Kementerian.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Taput Tonny Simangunsong, Kamis (18/7/2019), di kantornya.

“Usulan ini tentunya didasari belum adanya GOR di daerah kita. Selama ini, event olahraga masih memanfaatkan gedung-gedung yang tidak khusus. Atau memakai wisma atau gedung pertemuan yang biasanya dipakai untuk acara pertemuan maupun hajatan pesta adat seperti gedung nasional dan serbaguna yang ada di Tarutung, yang tentunya menomorduakan kegiatan olahraga,” terangnya.

Tonny mengatakan, pihaknya pun mengajukan salah satu dari gedung yang ada di Tarutung itu untuk dijadikan sebagai GOR. Dan pilihanya, merubah gedung nasional Tarutung menjadi Gedung Olahraga.

“Gedung nasional memiliki lahan seluas sekitar 7.200 meter persegi. Rencananya kita manfaatkan sekitar 5.000 ribu meter persegi. Dan diharapkan nanti, ada basementnya sehingga daya tampung kendaraan lebih banyak. Karena kalau kita lihat ada kegiatan di sana, banyak kendaraan yang parkir di luar gedung karena keterbatasan lahan,” terangnya.

Tony mengatakan, usulan itupun sudah disampaikan Pemkab Taput melalui aplikasi online Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan biaya pembangunan GOR dimaksud sebesar Rp15 miliar.

“Masyarakat khususnya penggiat olahraga sangat berharap kiranya usulan kita dapat disetujui oleh pemerintah pusat. Dan harapan kita dapat direalisasikan pada tahun 2020 mendatang. Sehingga dengan adanya GOR ini maka tempat olahraga yang permanen ada di Taput dan diharapkan akan ada peningkatan prestasi olahraga dari daerah ini,” pungkasnya. (as)