News

Gedung Baru Dinkes Tapteng Diresmikan

FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Khairul Kiyedi Pasaribu dan Willy Sahputra Silitonga, meresmikan gedung baru Dinas Kesehatan Kabupaten Tapteng di Jalan Raja Djunjungan Lubis, Kecamatan Pandan, Rabu (27/1).

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya menyampaikan bahwa adapun pembangunan gedung baru Dinkes Tapteng yang diresmikan saat itu karena mengingat gedung lama sudah tidak layak ditempati dan akan diruntuhkan untuk dijadikan Taman Kota.

“Hari ini, kita meresmikan gedung baru kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah. Diharapkan dengan beroperasinya gedung yang baru ini dapat meningkatkan pembinaan, pelayanan, pengendalian, dan pengawasan kepada masyarakat dengan kendali Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Bakhtiar.

Bakhtiar juga berpesan kepada para pegawai Dinas Kesehatan Tapteng, baik itu dokter, perawat, bidan, maupun tenaga kesehatan lainnya agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas, serta meningkatkan pembinaan, pelayanan, pengawasan, dan pengendalian dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas.

“Kepada ibu kepala dinas dan jajarannya, saya titipkan kantor ini untuk dirawat dan dijaga. Tidak ada gunanya kantor ini kalau saudara-saudara tidak bekerja demi kepentingan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah,” ujarnya.

Selain itu, Bakhtiar juga menekankan agar Puskesmas yang ada di wilayah Tapteng agar tidak pernah melakukan penolakan terhadap pasien yang datang.

“Pasien yang datang itu bisa saja tidak punya uang, kemudian kita tolak. Ingat, ini adalah dosa bagi kita, karena ini adalah tanggung jawab kita. Berkemanusianlah dalam bekerja,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bakhtiar juga menyampaikan keinginan untuk membangun gedung baru khusus untuk ibu dan anak di RSUD Pandan serta memaparkan beberapa kebijakan yang dilakukannya untuk kemajuan Kabupaten Tapteng baik dibidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan.

“Mimpi saya tahun 2022 atau paling lama tahun 2023, kita memiliki gedung tersendiri, khusus untuk ibu dan anak yang berlokasi di RSUD Pandan lama. Infrastruktur jalan sudah kita perbaiki namun ada beberapa jalan yang belum selesai, itu karena keterbatasan anggaran kita. Anak Tapanuli Tengah yang lulus Perguruan Tinggi Negeri, yang tidak mampu, sudah kita kuliahkan. Hari ini sudah 125 orang, kedepan kita berharap kita diberi kesempatan, target kita 5 sampai 10 tahun kedepan, kita bisa mengkuliahkan anak Tapanuli Tengah sampai 1.000 orang, dan itu belum pernah dilaksanakan bupati-bupati sebelumnya di Tapanuli Tengah. Dan, sudah hampir 3 tahun kami menggratiskan pendamping pasien makan 3 kali sehari di RSUD Pandan,” tutur Bakhtiar.

Usai menyampaikan kata sambutan itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani langsung menandatangi prasasti peresmikan Gedung Baru Dinkes Tapteng serta dilanjutkan dengan pengguntingan pita.

Di akhir acara, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Anggota DPRD Tapteng Adhitia Melfan Tanjung, Ketua MUI Tapteng H Ngadiman KS memberikan santuan kepada anak yatim.

Turut hadir pada kegiatan itu, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga, Mewakili Bank Sumut Cabang Pandan, Pimpinan Puskesmas, para Camat se Kabupaten Tapteng. (dh/fabe)