News

Gara-gara Kadis Pendidikan Tak Ditempat, Urus Surat Pindah Sekolah Gagal

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Karena gagal mengurus surat pindah sekolah anak, warga mencak-mencak di Dinas Pendidikan Simalungun lantaran tidak bertemu Kepala Dinas Pendidikan maupun Kepala Bidang (Kabid), Jumat (2/8/2019).

Kekecewaan itu diutarakan warga yang mengaku Boru Siagian bersama anaknya didampingi Marga Girsang saat mengurus surat pindah sekolah anaknya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun.

“Kami mau mengurus surat pindah anakku ke Dairi. Sebelumnya dia sekolah di SD Saribudolok. Kami disuruh Kepala SD Saribudolok ke sini minta tandatangan dan stempel Kadis ataupun Kabid. Nyatanya tidak ada di tempat,” ujar Boru Siagian.

Dia merasa kecewa karena begitu jauh perjalanannya dari Dairi ke Simalungun hanya untuk mendapatkan bubuhan tandatangan dan stempel dari Dinas Pendidikan, namun tidak sia-sia.

“Sudah ada surat keterangan dari Kepala Sekolah. Tinggal tandatangan dan stempel dari Dinas Pendidikan ini sajanya. Tapi Kadis dan Kabid SD katanya lagi di Medan. Terpaksa balik lagi ini ke Dairi. Sia-sia jadinya. Padahal perjalanan kami cukup jauh,” kesalnya.

Hal itu dibenarkan salah seorang pegawai yang bertugas di ruang Kabid SD. Boru Damanik ini mengaku Kadis dan Kabid sedang tidak ada di tempat.

“Kadis sama Kabid lagi di luar kota. Hari Senin ajalah datang ya,” kata Boru Damanik.

Sekretaris DPP LSM Karya Rudy Turnip juga mengaku kecewa dengan tidak adanya para Kabid di instansi tersebut.

“Kita juga kecewa. Mau konfirmasi tak bisa. Siapa mau dijumpain di sini? Kadis tak ada, Sekretaris bahkan Kabid-kabid juga tidak ada di sini. Sepi sekali. Kepergian mereka jadi mengganggu pelayanan di Dinas Pendidikan.

Kasihan kan ibu Boru Siagian dan anak itu. Jauh-jauh datang kemari, nyatanya hasilnya tak ada,” ujarnya.

Ternyata tidak hanya di Dinas Pendidikan. Setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kabid Dinas lain juga sedang tidak berada di tempat. Informasinya para pejabat teras itu sedang berada di Medan dalam urusan tertentu.

“Kukelilingi tadi setiap OPD, kadis sama Kabidnya juga tidak ada di ruang kerjanya. Katanya ke Medan,” sebutnya. (Mag05/des)