News

Gangguan Layanan Air di Wilayah Tojai Lama: Perbaikan Masih Terus Dilakukan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Aliran air PDAM Tirtauli Kota Pematangsiantar dari jalur umbul Naga Huta 1 dan 2 mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan pelayanan air di daerah Tojai Lama dan sekitarnya terganggu.

Untuk sementara, PDAM Tirtauli melakukan pengalihan jaringan air agar di daerah yang terkendala aliran airnya dapat diatasi.

Humas PDAM Tirtauli Rosliana Sitanggang mengatakan penyebab gangguan ini diperkirakan karena pipa Dia 8 DCIP (Ductile Cast Iron Pipa) dari umbul Naga Huta 1 dan 2 terjadi penyumbatan. Sebab pipa sudah tua dan sedimentasi pasir di dalam pipa. Umbul di Naga Huta 1 dibangun sekitar tahun 1953 dan Naga Huta 2 dibangun sekitar tahun 1954.

“Pihak PDAM Tirtauli mulai Jumat tanggal 26 Juni 2019 melakukan perbaikan di aliran air dari jalur umbul Naga Huta untuk mencari tersumbatnya pipa tersebut dengan melakukan pemotongan-pemotongan pipa di beberapa titik di sepanjang jalur tersebut. Adapun panjang pipa di Naga Huta 1 dan 2 adalah sekitar 2 Km,” terangnya.

Diterangkan Rosliana, untuk menanggulangi gangguan pelayanan, PDAM Tirtauli akan mengganti pipa Dia 8 DCIP (Ductile Cast Iron Pipa) dengan pipa PVC dengan diameter yang sama, sepanjang 200 meter yang sedang dilaksanakan saat ini.

“Untuk sementara waktu, daerah Tojai Lama dan sekitarnya belum maksimal bisa terlayani dan akan dilakukan supply melalui mobil tangki yang telah disediakan PDAM Tirtauli selama air belum mengalir secara normal,” katanya.

“PDAM Tirtauli memohon maaf kepada pelanggan atas kondisi terganggunya aliran air untuk wilayah-wilayah yang terkena dampak gangguan aliran mata air Naga Huta. Mohon bersabar karena jajaran dari PDAM terus melakukan perbaikan agar air bisa mengalir ke rumah pelanggan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Rosliana mengimbau kepada pelanggan yang terkena dampak aliran agar menghubungi Call Center PDAM Tirtauli (0622) 24017 atau menghubungi 08116064448 untuk disupply dengan mobil tangki air. (mag04/pra)