News

Fransiska Maya Purba Asal Simalungun, Lulus Calon Peserta Magang Pemuda Tani di Jepang

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Fransiska Maya Sari Purba, petani muda dari Nagori Banjaran Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun merupakan satu dan 30 peserta yang lulus mengikuti magang pemuda tani di Jepang tahun 2021.

Perempuan lulusan D-III Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian IPB ini sebelum mengikuti magang tani di Jepang akan mengikuti pembekalan mengenai pertanian dan pelatihan dan pematangan Bahasa Jepang di BPP Jambi Jalan Jambi – Palembang KM. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, selama 75 hari terhitung mulai tanggal 30 Maret hingga 21 Juni 2021.

Namun, sesuai isi undangan berisi pengumuman dan syarat peserta memasuki BPP Jambi, calon peserta atau instansi yang mengirim diharuskan menyiapkan sendiri akomodasi, transport pulang dan pergi ke Jambi, rapid anti gen, medical checkup serta biaya keperluan pribadi. Panitia hanya menyiapkan akomodasi terkait langsung pelatihan serta konsumsi.

Dijelaskan Siska,selain dirinya ada 6 peserta lain dari Sumatera Utara. Diantaranya dari Kabupaten Dairi, Kabupaten Padang Lawas, Deli Serdang dan 2 orang dari Serdang Bedagai.

“Biaya keberangkatan, pemeriksaan kesehatan, akomodasi pribadi terutama pakaian untuk seragam peserta yang sudah ditentukan oleh panitia disiapkan secara pribadi. Saya sangat berharap Bupati Simalungun atau Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun sebagai instansi yang mengirim, mambantu,”kata Siska.

Menurut keterangan Siska, informasi terkait seleksi untuk magang pemuda tani di Jepang diperolehnya dari PPL Kabupaten Simalungun yaitu Jhon Benno Purba pada tanggal 23 Januari lalu. Kemudian mulai Ia menyiapkan persyaratan yang diminta oleh panitia, lalu diserahkan ke Dinas Pertanian untuk di kirim ke panitia penyelenggara program tersebut, karena salah satu persyaratan yang diminta panitia yaitu surat rekomendasi dari Dinas Pertanian.

Calon peserta mengikuti seleksi, dimulai dari seleksi berkas, tes IQ, tes fisik dan wawancara. Dari 200 orang lebih yang mendaftar, 103 peserta dinyatakan lulus seleksi berkas. Dari Kabupaten Simalungun ada 6 peserta yang lolos pemberkasan saat itu, sedangkan Sumatra Utara keseluruhannya ada 24 peserta yang lolos.

Kemudian bagi yang lulus verifikasi berkas, selanjutnya mengikuti tes IQ pada tgl 1 Maret 2021 melalui Zoom meeting. Untuk tes nya, peserta keseluruhan akan dikelompokan sesuai provinsi asal masing-masing. Tes berlangsung 1 hari dan diumumkan pada tgl 2 Maret dan tersisa 50 peserta lagi, Sumut keseluruhan 14 orang dan Kabupaten Simalungun tersisa 2 peserta lagi yaitu Siska dan Lasmaria Sinaga.

Untuk tes fisik dan wawancara dilaksanakan langsung di Balai Pelatihan Pertanian Jambi tanggal 17 Maret 2021. Tes wawancara dilaksanakan setelah tes fisik berlangsung di hari yang sama, dan diumumkan 20 Maret 2021.(esa/fabe)