News

FLS2N Tingkat Paluta Selesai

PALUTA, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Pendidikan mengadakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat kabupaten Paluta tahun 2019 di aula kantor Disdik Paluta, Rabu (26/6/2019).

Menurut ketua panitia yakni Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Disdik Paluta Nanda Lubis, kegiatan yang berlangsung sukses dan lancar ini dimaksudkan untuk mengembangkan kreativitas dan menumbuh kembangkan sikap sportivitas di kalangan pelajar.

Katanya, kegiatan FLS2N diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SMP se kabupaten Paluta yang memperlombakan 2 kategori yakni lomba menyanyi Solo dan lomba seni group tari. Dan para pemenang dari FLS2N ini nantinya akan mewakili kabupaten Paluta untuk mengikuti FLS2N tingkat provinsi Sumatera Utara.

“Ada 2 kategori yang diperlombakan dan yang meraih juara nantinya akan menjadi utusan Paluta mengikuti FLS2N tingkat Provinsi,” terangnya.

Sementara, Kepala Disdik Paluta Eva Sartika SH MKn menyebutkan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada peserta didik tingkat SMP untuk mengeksploitasikan diri dan memberikan wadah untuk berkreasi sekaligus menumbuhkembangkan sikap sportivitas di usia remaja bagi peserta didik.

Sebab katanya, peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya pencapaian nilai akademis, tapi juga non akademis. “Melalui ajang ini, siswa mendapatkan pengalaman belajar yang seutuhnya dengan cara akademis maupun non akademis,” ujarnya.

Dengan prestasi yang telah diraih di tingkat Kabupaten Paluta ini diharapkan para pelajar tersebut tidak berpuas diri namun harus terus mengasah diri dengan tekun berlatih diiringi juga dengan prestasi di bidang akademik.

Untuk itu, ia mengharapkan melalui kegiatan FLS2N ini, para pelajar dapat berkreasi sehingga memunculkan bibit-bibit berbakat dan berprestasi di bidang seni kedepannya. “Selamat untuk anak-anak kami yang meraih juara, doa dan dukungan dari saya secara pribadi, Kepala Bidang Pembinaan SMP dan seluruh Jajaran Disdik Paluta, semoga dapat bersaing dan mengharumkan nama kabupaten Paluta ditingkat Provsu nantinya,” ucapnya.

Adapun yang berhasil meraih juara pada lomba menyanyi solo antara lain juara 1 diraih Eva Febrina Sagala siswa SMPN 1 Padang Bolak, juara 2 diraih Nur Mitayani siswa SMPN 2 Haltim dan juara 3 diraih Riyan Ata Reich Tarigan siswa SMP swasta Bina Artha.

Sedangkan kategori group seni tari untuk juara 1 diraih group tari SMPN 2 Padang Bolak, juara 2 diraih group SMPN 1 Padang Bolak dan juara 3 diraih group SMPN 2 Padang Bolak Julu. (ais)