News

Fakultas Pertanian USI Magang Kewirausahaan Agribisnis

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Fakultas Pertanian USI selalu berupaya meningkatkan kualitas akademik, salah satu adalah melalui kegiatan-kegiatan lapangan yang mendekatkan mahasiswa kepada kondisi nyata petani.

Sejak Semester Genap TA 2018/2019, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USI mewajibkan mahasiswa Semester 6 untuk melaksanakan Magang Kewirausahaan Agribisnis.

Salah satu tempat magang dimaksud adalah UD SOC (Simalungun Original Coffee) di Nagori Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang di SOC adalah Gina Fahniza, Fitria Nazar, Novia Lubis, Juwita Tanjung, Prastya Wiradinata, Wisnu Rahmadana, dan Sabaruddin Damanik.

Kegiatan magang berlangsung selama satu bulan, 24 Juni hingga 23 Juli 2019 dengan dosen pembimbing Dr Jef Rudiantho Saragih.

Kegiatan mahasiswa pada minggu pertama antara lain; pertama, menerima arahan dan bimbingan dari owner SOC mengenai aspek-aspek dasar dari hulu sampai hilir hingga ke pemasaran dan penyajian kopi.

Kedua, penetapan jadwal kegiatan magang. Ketiga, pengenalan bibit kopi arabika unggul dan manajemen pembibitan, dan keempat, belajar merajik dan menyajikan kopi.

Pada minggu kedua, mahasiswa dilibatkan secara langsung dalam pembuatan kebun kopi arabika dengan luas 2.400 m2. Kegiatan yang dilakukan adalah pengukuran jarak tanam, pemasangan ajir, dan pembuatan lubang tanam.

Memasuki minggu ketiga kegiatan fokus pada proses pascapanen, seperti penggilingan, pencucian, pengeringan, sortasi sampai ke penyangraian (roasting) kopi arabika.

Pengetahuan tentang barista dan praktikum sebagai barista juga diajarkan kepada mahasiswa, dimana sebelumnya terlebih dahulu pengenalan alat-alat standar dalam penyajian kopi arabika (standard coffee shop).

Pengalaman pertama yang sangat menarik adalah praktik pembuatan berbagai varian dan cara penyajian kopi arabika beberapa varian atau jenis sajian kopi arabika yang dipraktikkan adalah kopi exspresso, kopi v60, kopi latte, kopi susu, kopi tubruk, kopi moccacino, kopi Americano, dan kopi honey expresso.

Di minggu akhir mahasiswa ditantang untuk memasarkan kopi di lokasi coffee shop, melalui media sosial, teman dan kerabat; serta menjual kopi yang dibuat dan disajikan kepada pelanggan yang datang di kedai kopi SOC.

Saat melakukan kunjungan supervisi ke lokasi, Dr Jef Rudiantho Saragih bersama Dr Ummu Harmain melakukan diskusi dengan pemilik SOC Nico Damanik.

Sembari berdiskusi tentang banyak hal, berbagai varian kopi arabika menjadi suguhan yang sangat menarik.
“Honeypresso merupakan varian yang paling spektakuler,” kata Dr Saragih.

Varian ini merupakan kombinasi antara kopi arabika dengan madu asli yang diperoleh dari budidaya lebah madu oleh kelompok tani di sekitar lokasi SOC.’

“Semoga minat wirausaha mahasiswa di bidang agribisnis tumbuh setelah magang ini,” harapnya. (rel/des)