News

Fakultas Pertanian UNA dan HKTI Bagikan Sembako ke Penarik Betor

FaseBerita.ID – Pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat. Terlebih lagi  pemerintah sudah mengimbau masyarakat agar melakukan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan PhysicalDistancing (jaga jarak).

Hal ini membuat masyarakat yang berpenghasilan rendah merasakan dampak yang sangat besar. Di satu sisi mereka harus mengikuti imbauan pemerintah agar tetap di rumah untuk menjaga kesehatan, namun di sisi lain mereka harus banting tulang dan tetap keluar rumah demi menghidupi keluarga.

Melihat kondisi ini, Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Asahan gerak cepat membagikan bantuan sembako berupa beras kepada Penarik Becak Bermotor (Pabetor) di inti kota kisaran.

“Alhamdulillah mulai kemarin Rabu sore, FP UNA yang diketuai Deddy Wahyudin Purba, SP, M.Si dan Ketua HKTI Kabupaten Asahan Handi Afran Sitorus membagikan sembako berupa beraskepada pabetor di inti Kota Kisaran,” ujar Deddy Wahyudin Purba, SP, M.Si, Kamis (16/4).

Gerak cepat aksi sosial bertajuk Mengabdi untuk Negeri ini dilakukan dalam rangka memberikan bantuan kepada Pabetor yang diketahui mengalami penurunan pendapatan semasa Social Distancing menghadapi Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FP UNA Deddy Wahyudin Purba, SP, MSi aksi sosial ini dilandaskan dari hasil survey dan melihat langsung dampak dari sosial distancing atau pembatasan aktivitas yang di himbau Pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19.Dampak tersebut dirasakan langsung pabetor yang mengalami penurunan omzet sehingga kehilangan sumber mata pencarian akibat penyebaran virus corona.

“Dengan dampak yang dialami maka FP UNA bersama HKTI Kabupaten Asahan memberikan bantuan berupa beras sebanyak 101 goni beras untuk 101 pabetor, dengan pemberian ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya pengendara becak bermotor. Fakultas Pertanian Universitas Asahan akan terus berupaya dalam membantu dan meringankan warga yang terdampak dari penyebaran virus covid-19,” tuturnya.

Ketua HKTI Kabupaten Asahan Handi Afran Sitorus menyampaikan beras yang disalurkan untuk menjaga ketahanan pangan warga. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama,” ujar pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Asahan ini.

Selain itu, Handi juga berpesan agar warga asahan untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Kalau tidak ada hal yang sangat penting maka lebih baik dirumah saja, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Deddy Wahyudin Purba dan Handi Afran Sitorus mengimbau agar masyarakat tetap mepatuhi himbauan pemerintah dengan PhysicalDistancing dan bersama-sama memutus rantai Covid-19.

“Semoga pendemi Covid-19 segera berakhir, masyarakat bisa beraktifitas seperti bisa dan perekonomian kembali normal lagi,” harap mereka. (per/sr)

USI