News

Ephorus HKBP: Jadilah Mahasiswa yang Unggul dan Berkarakter

Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) Prof Dr Sanggam Siahaan Mhum menetapkan 934 orang sebagai mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Penetapan mahasiswa ini dilaksanakan di Auditorium Nommensen, Jalan Sangnawaluh, Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Senin (9/9/2019) yang dihadiri Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh, Pengurus Yayasan, utusan dari Fokominda Siantar-Simalungun dan para tamu undangan lainnya.

Acara pengukuhuan ini merupakan hari terakhir dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang telah dilaksanakan sejak hari Kamis tanggal 5 September.

Di hari penutupan PKKMB ini, acara diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt Sunggul Pasaribu STh dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Dalam sambutannya, Rektor UHKBNP Prof Dr Sanggam Siahaan MHum mengatakan bahwa seluruh rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama 4 hari ini telah berjalan dengan baik. Dengan materi dan kegiatan yang telah disampaikan kepada mahasiswa baru, diharapkan menambah wawasan para mahasiswa baru untuk mengenal jauh tentang kampus Nommensen.

“Kepada mahasiswa baru, saya menyampaikan selamat bergabung. Kami percaya bahwa anda akan bangga menjadi mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar,” ujarnya.

“Dengan pengenalan kampus yang telah kita laksanakan, diharapkan menjadi dasar bagi mahasiswa yang nasionalis dan produktif. Sehingga mahasiswa membanggakan bagi kampus dan masyarakat,” terang Prof Dr Sanggam Siahaan MHum.

Menurut Sanggam Siahaan, seorang mahasiswa itu memiliki tanggungjawab memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dan berkewajiban sebagai mahasiswa yang inovatif, kreatif di lingkungan kampus.

Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbangtobing MTh yang juga sebagai Pembina Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dalam sambutannya menerangkan bahwa HKBP memiliki universitas dicetuskan pada tanggal 7 Oktober 1954. Pendirian Universitas HKBP Nommensen ini berdasarkan hasil rapat dalam sinode HKBP.

“Jadi Universitas HKBP Nommensen ini dalah bagian atau anak kandung dari Gereja HKBP,” terang Ephorus HKBP.

Disebutkan Darwin sejak didirikan, Universitas HKBP Nommensen Medan yang berpusat di Medan terus mengalami peningkatan hingga akhirnya digagasilah pendirian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dua tahun yang lalu.

“Jadi walaupun masih dua tahun berdiri, kami sangat mengapresiasi Rektor dan seluruh tim promosi yang telah berkerja keras sehingga berhasil merekrut jumlah mahasiswa yang sangat banyak,” terang Ephorus HKBP.
Motto daripada Universitas HKBP Nommensen adalah Prodeo Et Patria yang artinya untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (dunia).

“Jadi apapun agamamu, kepercayaanmu, maka ketika masuk ke Universitas HKBP Nommensen, yakinlah bahwa Tuhan yang engkau percayai yang memanggilmu masuk ke kampus ini,” tegas Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbangtobing MTh.

“Jadi jangan lupa terhadap motto kita. Ilmu yang didapatkan dari kampus ini bertujuan untuk Tuhan dan untuk bangsa negara ini. Ilmu yang kita peroleh berasal dari Tuhan, sehingga mari kita implementasikan untuk kehidupan kita,” terangnya lagi.

Kepada mahasiswa baru yang telah ditetapkan, Ephorus berharap agar nantinya menjadi mahasiswa yang berkarakter unggul dan bermoral untuk mencapai masa depan yang lebih cerah.

Usai penyampaikan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan penyematan jaket almamater yang diterima oleh perwakilan dari setiap program studi.

Jaket almamater tersebut disematkan oleh Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbangtobing MTh, pengurus yayasan, jajaran rektorat dan para dekan.

Di acara puncak ini juga tetap diisi dengan penyampaian materi dari Polres Pematangsiantar, DPRD Siantar, Dandim dan LL Dikti dengan tema Wawasan Kebangsaan. Selanjutnya acara hiburan dan penyampaikan materi dari Rektor yang kemudian diakhiri penutupan PKKMB. (pra)