News

Enam Anggota DPRD Humbahas Periode 2019-2024 Dinilai Berkinerja Baik

Pendapat Masyarakat di Survei LSN

HUMBAHAS, FaseBerita.ID-Lembaga Survey Nusantara kembali melaksanakan survei. Kali ini survei dilakukan terhadap kinerja 25 Anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) periode 2019-2024. Survei melibatkan volunteer di 10 Kecamatan berlangsung mulai tanggal 24 sampai 26 Agustus 2021, dengan responden 100 orang per kecamatan.

Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk saat konfrensi pers di Dolok Sanggul, Jumat (28/8/2021) menyampaikan, hasil survei ada 6 anggota DPRD Humbahas yang dinilai masyarakat berkinerja baik. Kinerja dimaksud, yakni kinerja sebagai fungsi DPRD di lembaga DPRD dan kinerja sosial di tenga-tengah masyarakat. Kinerja di tengah masyarakat ini dinilai dari respon para anggota DPRD menyikapi kondisi yang terjadi di tengah masyarakat, terutama di daerah pemilihan asal para anggota DPRD.

Hasil survei di Dapil I meliputi Kecamatan Pollung , Kecamatan Bakti Raja, Kecamatan Dolok Sanggul, Kecamatan Sijama Polang dan Kecamatan Onan Ganjang dengan jumlah 12 kursi DPRD, ada dua nama politisi yang dinilai berkinerja baik. Daniel Banjarnahor dari PDIP dan Jimmy Togu Hamonangan Purba dari Partai Gerindra.

Dapil II Humbahas meliputi Kecamatan Lintong Nihuta dan Kecamatan Paranginan dengan kuota 6 kursi, dua anggota DPRD berkinerja baik menurut masyarakat yakni Labuan Sihombing dari Partai Hanura  dan Normauli Simarmata, kader Partai Nasdem.

Dapil III meliputi Kecamatan Parlilitan,Kecamatan Pakkat dan Kecamatan Tara Bintang dengan jatah kursi 7, nama Laston Sinaga dari Partai Golkar dan Minter Hulman Tumanggor dari PDIP dinilai berkinerja baik.

Dijelaskan Humuntal, apa pun hasil survei ini merupakan wujud partisipasi LSN untuk mencerdaskan masyarakat dan mendorong masyarakat aktif dalam menilai kinerja para wakil rakyat yang duduk di DPRD. LSN selalu mengedepankan independensi dan profesionalitas sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan politik rakyat, agar mereka cerdas dan bijak dalam memilih wakilnya di periode berikutnya.

“Masyarakat harus aktif memberikan penilaian terhadapn kualitas dan kuantitas kinerja para DPRD. Hasilnya mungkin bisa menjadi pelecut bagi para DPRD untuk mempertahankan kinerja yang sudah baik, atau memperbaiki kinerja dari sebelumnya. LSN tidak memiliki kepentingan politik dalam setiap kegiatan survei, namun murni untuk memberikan pendidikan politik untuk masyarakat,” katanya.

Humuntal menambahkan LSN sudah melakukan survei di 11 Kabupaten/ Kota dan Kabupaten Humbang Hasundutan adalah daerah yang ke 12. LSN selanjutnya akan melaksanakan survei kinerja DPRD di Kabupaten Tapanuli Utara.(rel/fabe)