News

Elias Barus Petana Tersisa di Dapil I Simalungun

FaseBerita.ID – Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten Simalungun untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I sudah selesai. Tidak ada perubahan signifikan dari data hasil pleno tingkat kecamatan. Nama-nama caleg peraih suara terbanyak di partai masing-masing yang sempat diprediksi, diperkirakan tidak akan berubah lagi.

Dari sembilan nama yang diprediksi, hanya nama Elias Barus, politisi Partai Demokrat yang berstatus petahana yang bakal duduk di DPRD Simalungun periode 2019-2024. Ketua DPC Partai Demokrat ini akan ditemani delapan wajah baru. Perolehan Partai Demokrat jauh menurun dibandingkan pileg tahun sebelumnya, PD meraih tiga kursi.

Dapil I kali ini dimenangkan PDI Perjuangan dalam perolehan suara. Namun tetap hanya berhasil mendudukkan dua kursi, yang diprediksi diisi peraih suara terbanyak Samrin Girsang dan Junita Veronika Munthe.

Sementara Partai Nasdem juga berhasil mendudukkan dua calegnya, atas nama Jamerson Saragih dan Karpan Saragih.

Untuk jatah satu kursi diprediksi akan diisi Saidah Purba dari Perindo, Erwin Saragih dari Gerindra, Redikalmen Sidauruk dari Partai Golkar, dan Jarusdin Sinaga dari Partai Hanura yang disebut-sebut meraih kursi ke Sembilan.

Sementara Komisioner KPU Simalungun Alman Abror mengatakan, penyerahan hasil rapat rekapitulasi tingkat kabupaten kepada partai dilakukan, Minggu (5/5). Selanjutnya akan dilakukan rapat pleno tingkat provinsi. (esa)

USI