News

Duta Genre Kota Sibolga 2019 Terpilih

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Beni Kurnia Daely dan Cindy Lorensa Tobing akhirnya terpilih sebagai Juara I Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Sibolga Tahun 2019 dari jalur masyarakat. Sedangkan Kurniawan Buulolo (Putra) dan Sarah Noverta (Putri) terpilih sebagai Juara I Duta Genre dari jalur Pendidikan.

Kedua pasangan Duta Genre itu terpilih pada pemilihan Duta Genre tingkat Kota Sibolga yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Sibolga, di Pantai Ujung Sibolga, Selasa (30/4) di Pantai Ujung Sibolga.

Para juara ini terpilih dari 20 finalis dengan seleksi ektra ketat dari berbagai tahap penilaian,. Seperti kelas poster, kelas bakat, serta pemaparan visi dan misi dengan mengakumulasikan jumlah perolehan dari tiap peserta lomba.

Dalam paparan visi dan misinya, Beni Kurnia Daely mengajak remaja Kota Sibolga raih prestasi tanpa narkoba. Sedangka Cindy Loren Tobing dalam paparan visi misinya, mengusung tema ingin berkeluarga, ayo pondasi keluarga dengan delapan fungsi keluarga, agar terciptanya keluarga yang terencana dan harmonis. Atas prestasi para juara,  mereka berhak menerima penghargaan dan uang pembinaan.

Sebelumnya, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya saat membuka acara pemilihan Duta Genre itu mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang pesertanya merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dibekali secara serius.

“Saya berharap dengan adanya pemilihan Duta Genre Kota Sibolga, para duta ini mampu menjadi motivator dan patron di tengah masyarakat ramai serta lingkungannya,” tegas Syarfi.

Syarfi juga berharap, peserta yang terpilih nantinya mampu menjadi Duta Genre yang bermanfaat bagi Kota Sibolga.

“Kemudian mampu mengharumkan nama Sibolga untuk perlombaan Duta Genre tingkat provinsi dan nasional,” tandasnya.

Kepala Dinas PPKB Kota Sibolga Hotma Hutagalung melaporkan, bahwa permasalahan tingginya angka perkawinan usia muda.

“Secara nasional, angkanya mencapai hingga 27,6 persen dan ini merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian bersama,” ujarnya.

Di samping itu, katanya, remaja yang merupakan potensi bagi pembangunan rentan terhadap perilaku seks pranikah, penyalahgunaan narkoba, dan penyakit menular HIV/Aids.

“Dalam hal ini, Dinas PPKB merespon permalasahan remaja melalui Program Genre. Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan kepada orang tua, melalui kelompok bina keluarga remaja (BKR), dan pendekatan pengembangan kelompok remaja,” ujarnya seraya mengatakan pemilihan Duta Genre tahun 2019 ini mengangkat tema “Tunda usia Pernikahan, Hindari Sex Pranikah, Jauhi Napza dan Raihlah Prestasimu”. (rb/osi)

iklan usi