News

Dukungan untuk Pemekaran Sumteng Terus Mengalir

PALUTA, FaseBerita.ID – Setelah sekian lama menjadi perbincangan dikalangan masyarakat, wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara belakangan ini kembali mencuat.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Machmud Pratama Harahap mengatakan sangat mendukung rencana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara.

Pratama Harahap mengajak seluruh komponen kepemudaan khususnya di Kabupaten Paluta untuk menyambut baik dan mendukung rencana pemekaran provinsi Sumteng ini. “Kita sangat mendukung pembentukan provinsi Sumteng untuk percepatan pembangunan di daerah kita ini,” ujarnya, Selasa (25/6/2019).

Katanya, melihat dari kondisi dan keadaan yang sudah memenuhi persyaratan, pembentukan provinsi Sumteng yang mencakup wilayah eks Tabagsel yakni kabupaten Paluta, Tapsel, Madina, kota Padang Sidimpuan dan Palas sudah layak direalisasikan secepatanya.

Apalagi sarana dan berbagai kelengkapan yang sangat mendukung seperti saat ini kabupaten Paluta sudah memiliki bandar udara kebanggaan yaitu Bandara Aek Godang sebagai sarana transportasi udara. “Untuk sarana transportasi udara, kita sudah punya bandara Aek Godang untuk kelancaran transportasi,” ungkapnya.

Terkait untuk penetapan daerah sebagai ibukota provinsi, ia tidak terlalu mempermasalahkan. Pemerintah bisa saja menetapkannya di daerah kota Padang Sidimpuan yang merupakan salah satu daerah yang cukup maju saat ini di wilayah eks Tabagsel.

Sebab yang paling utama saat ini menurutnya adalah realisasi pembentukan provinsi Sumteng dapat terwujud sebagai langkah untuk percepatan pembangunan yang seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembentukan provinsi Sumteng merupakan langkah percepatan pembangunan yang diiringi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk seluruh masyarakat khususnya pemuda Paluta, mari bergandeng tangan untuk mewujudkannya,” pungkasnya. (ais)