News

Dua Tahun Tersangka, Mantan Dirut PD PAUS Herowin Sinaga Akhirnya Ditahan

SIANTAR, FaseBerita.ID –Hampir dua tahun lamanya ditunggu, tersangka korupsi mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Usaha (PD PAUS) inisial Herowhin  (47) akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar pada hari Selasa (18/5). Dan langsung ditahan di Polres Siantar.

Kasi Pidsus Nixon Andreas Lubis didampingi Kasi Intel Rendra Yoki Pardede membenarkan tersebut ketika diminta keterangannya.

Penahanan tersangka atas kasus korupsi dalam penyertaan modal di perusahaan daerah pembangunan aneka usaha (PD PAUS) tahun 2014 yang mengakibatkan kerugian negara sebesar 215 juta dinyatakan lengkap dan telah memenuhi pemanggilan ketiga.

Herowhin  hadir sekira pukul 10.00 WIB di kantor kejaksaan untuk menjalani pemeriksaan didampingi penasehat hukumnya.

Penahanan tersangka lantaran berkasnya sudah lengkap serta menghindari yang bersangkutan melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti dan hukuman penahanan di atas lima tahun.

“Berkas tersangka sudah lengkap dan tinggal melimpahkan ke pengadilan Tipikor Medan dalam waktu dekat ini sebelum masa habis penahanan 20 hari ke depan. Mengingat persidangan saat ini masih lewat online dimasa pandemi Covid-19,” terang Kasi Pidsus melalui kasi Intel Rendra.

Atas perbuatannya  tersangka melanggar pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan subsider dikenakan pasal 3 jo pasal 18 UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal di atas 20 tahun penjara.

Sebelumnya mantan Dirut PD PAUS inisial Herowhin ditetapkan tersangka dugaan korupsi pada tahun 2019 yakni  penyertaan modal di perusahaan daerah pembangunan aneka usaha (PD PAUS) tahun 2014 yang mengakibatkan kerugian negara berkisar ratusan juta.(ros/fabe)