News

Dua Rumah di Sibolga Terbakar, Korban Temukan Seikat Uang Belum Hangus

FaseBerita.ID – Kebakaran kembali terjadi di Kota Sibolga, Kamis (28/1) sekira pukul 12.30 WIB. Kali ini, dua rumah menjadi korban keganasan si jago merah di Jalan Bawal No 49 Kelurahan Pancuran Pinang, Sibolga Sambas.

Dari pantauan wartawan, satu unit rumah yang terbakar, rata dengan tanah dihuni oleh Otoli Ndraha (52). Sementara satu rumah lagi yang berada di sebelah kirinya, milik marga Sikumbang, hanya bagian lotengnya yang terbakar.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 13.30 WIB setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Sibolga datang.

Menurut Otoli yang di konfirmasi saat sibuk mencari benda berharga miliknya di tumpukan sisa-sisa kebakaran, kalau rumah yang ditempatinya adalah rumah kontrakan milik Sumar Sihombing.

Dia mengaku tidak tahu penyebab kebakaran. Namun, dia memastikan kalau api berasal dari kamar kontrakan yang berada di belakang rumahnya.

Diterangkannya, saat itu dia dan istrinya sedang asyik menonton di bagian depan rumah yang dijadikannya sebagai warung.

Tiba-tiba istrinya melihat api muncul dari belakang. Keduanya pun mencoba memastikan sumber api. Ternyata, api sudah berkobar melalap kamar pengontraknya.

Otoli menunjukkan seikat uang yang masih belum hangus dilalap api. (Toga Sianturi)

Sementara, kamar kontrakan tersebut dalam keadaan kosong, pengontraknya sudah pergi menarik becak. “Kami lagi menonton di depan. Cuma kami (Otoli dan istri) berdua di rumah. Kami lihat ada api dari belakang. Dari kamar yang di belakang, api kulihat sudah membesar. Kamar itu kami kontrakkan. Pengontraknya sudah pergi menarik becak,” kata Otoli.

Dengan wajah sedih, Otoli mengaku tidak ada barang yang berhasil diselamatkan. Namun, saat mengorek sisa-sisa kebakaran, dia menemukan seikat uang miliknya yang tidak terbakar.

“Hanya inilah yang kudapatkan tadi,” pungkasnya sembari melihatkan seikat uang yang basah. Pasca kejadian, Otoli masih bingung mau mengungsi kemana. “Gak tahulah mau kemana, masih bingung aku,” tukasnya.

Terpisah, Lurah Pancuran Pinang Doli Ritonga mengatakan, sampai saat ini ada dua unit rumah yang terbakar. Satu di antaranya tidak dapat diselamatkan.

“Kalau korban jiwa tidak ada dan kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Dan nanti akan diupayakan kerjasama dengan Dinas Sosial agar korban dapat diberikan bantuan social,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi kejadian, sebelumnya empat unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Sibolga dibantu warga sekitar dan pihak yang berwajib berjibaku memadamkan api. (ts/tam)

iklan usi