News

Dua Pemilik Ganja Ditangkap, Satu Diantaranya Mahasiswa

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) berhasil menangkap dua tersangka yang diduga pelaku penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Kedua tersangka JP Sihombing (34) dan RM Lumban Gaol (21), ditangkap di lokasi dan waktu yang berbeda, beberapa hari lalu.

Dari tangan kedua tersangka, petugas mengamankan barang bukti masing-masing berupa satu paket bungkusan kecil yang diduga isinya narkotika jenis ganja kering. Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hartono melalui Kasubag Humas Aiptu S Purba kepada wartawan menerangkan, JP Sihombing warga Desa Sibuntuon Parpea ditangkap di Desa Sibuntuon Parpea, Kecamatan Lintongnihuta tepatnya di jalan umum belakang SMA HKBP Lintong Nihuta, Jumat (31/1), dalam kegiatan rutin yang ditingkatkan berdasarkan hasil pencarian informasi tentang penyalahgunaan narkotika.

Awalnya JP Sihombing berhasil mengelabui petugas dengan menyembunyikan barang bukti. “Karena saat dilakukan penggeledahan tidak ditemukan barang bukti dari tangan tersangka. Namun setelah dilakukan pengembangan, petugas menemukan barang bukti satu bungkusan kecil berupa paket plastik transparan berisi narkotika jenis ganja kering seberat 25 gram disembunyikan di semak-semak pinggir jalan di belakang SMA HKBP Lintong Nihuta,” kata Purba.

Sementara, RM Lumban Gaol diamankan dari salah satu lapo tuak. Pria yang berstatus mahasiswa di salah satu universitas negeri di Medan, jurusan sastra daerah, terjaring saat petugas Satresnarkoba menggelar razia Antik Toba 2020 di wilayah hukum Polres Humbahas, Sabtu (1/2), di Desa Siborboron, Kecamatan Dolok Sanggul. Dimana, sasarannya adalah lapo (warung) tuak dan tempat-tempat hiburan yang ditengarai berpotensi penyalahgunaan narkoba.

Petugas melakukan penggeledahan terhadap seluruh pengunjung lapo. Dari tangan tersangka ditemukan satu plastik transparan putih berisikan ganja kering sebanyak 3,89 gram.

Saat ini kedua tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Humbahas guna penyelidikan lebih lanjut. “Tersangka berikut barang bukti sudah kita amankan,” tandas Purba. (sht/ahu)

USI