News

DPRD Sibolga akan Rapat Pembentukan Alat Kelengkapan

Diprediksi Ada 5 Fraksi DPRD Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID –  Hari ini, Selasa (3/9/2019) DPRD Sibolga periode 2019-2024 yang telah dilantik beberapa hari lalu, direncanakan akan memulai pekerjaannya untuk pembentukan alat kelengkapan dewan. Dari hasil diskusi pimpinan sementara dengan anggota lainnya, diperkirakan untuk DPRD Sibolga akan ada 5 Fraksi.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Sementara DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, saat ditemui wartawan, Senin (2/9/2019) di kantor DPRD Sibolga. Menurut dia, sesuai dengan tupoksi dan kewenangan pimpinan DPRD Sibolga sementara, tugasnya adalah membentuk alat kelengkapan DPRD. Maka setelah kita koordinasi dengan Dirjen OTDA pada Jumat lalu, maka kita ditugaskan seharusnya hari ini, Senin (2/9/2019) sudah ada pembicaraan.

“Dan kita mendesak Sekwan selaku fasilitator di DPRD ini agar segera membuat surat yang ditanda tangani oleh pimpinan dewan sementara untuk pembentukan Fraksi,” jelas wakil rakyat dari Partai Golkar ini.

Menurutnya, dengan pembentukan Fraksi inilah dijadwalkan akan lahir alat kelengkapan DPRD Sibolga, baik itu Banmus, Banggar komisi dan lainnya. Hingga dengan selesainya pembentukan alat kelengkapan diharapkandapat bekerja terutama dengan akan keluarnya hasil evaluasi Gubernur tentang perubahan APBD 2019.

“Kita akan siapkan. Ngak mungkinlah ada pembahasan di DPRD Sibolga  kalau kita belum siapkan alat kelengkapan Dewan. Hari ini kita sudah melakukan diskusi-diskusi kecil. Kemana anggota dewan akan ditempatkan, ke komisi mana, fraksi mana, sehingga ketepatan waktu untuk pembentukan alat kelengkapan anggota dewan dapat cepat terselesaikan. Kita berharap dalam rapat besok, Selasa (3/9/2019) semua pembentukan alat kelengkapan dewan sudah  dapat terselesaikan, sehingga pekerjaan itu bisa tuntas besok,” tegasnya.

Dirinya memprediksi dalam rapat besok ada 5 fraksi yang terbentuk di DPRD Sibolga, fraksi tersebut adalah, Fraksi Nasdem, Fraksi Golkar, Fraksi Perindo, dan ada dua Fraksi gabungan. Jadi ada 5 fraksi di DPRD ke depan, sehingga diperkirakan anggota dewan akan semakin kritis dan berdinamika.

“Adapun syarat pembentukan Fraksi  itu adalah, untuk fraksi murni persyaratannya harus diwakili tiga kursi DPRD sesuai tatib DPRD, yang tidak mencukupi akan tergabung dalam fraksi gabungan,” bebernya. (mis/osi)

iklan usi