News

DPRD Bahas Pengangkatan Bupati Asahan

KISARAN, FaseBerita.ID – DPRD Asahan mulai membahas pengusulan dan pengangkatan H Surya, yang sebelumnya menerima Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Asahan menjadi Bupati.

Pembahasan tersebut berlangsung dalam paripurna yang dihadiri oleh seluruh fraksi di DPRD Asahan lewat pembacaan surat ketua DPRD Asahan H Benteng Panjaitan nomor 132/244 tanggal 6 Mei 2019 tentang usulan pengangkatan Wakil Bupati Asahan menjadi Bupati Asahan di gedung DPRD, Selasa (7/5).

Sekretaris Dewan Syahrul Efendy Tambunan langsung membacakan surat tersebut di hadapan seluruh anggota dewan yang hadir dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam pembacaannya, Sekwan menyampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan pasal 173 ayat (4) undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang DPRD Kabupaten Asahan menyampaikan usulan pengangkatan dan pengesahan wakil Bupati Asahan menjadi Bupati Asahan.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan mengatakan, pengusulan pengangkatan wakil bupati menjadi bupati dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pejabat bupati.

“Usulan ini kita lakukan melalui sidang paripurna dan pembacaan surat usulan. Hasil paripurna ini selanjutnya akan disampaikan ke pihak Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan pengangkatan wakil bupati menjadi bupati,” ucap Benteng.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Plt Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Polres Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan dan Organisasi Perangkat Daerah. (Per)